E-Klaim BPJS Ketenagakerjaan (Jamsostek) - Part 3 (UPDATED - FINISHED)

Holaaaaa!!!

I'm baaack (seneng banget kayaknya neng!)

Kali ini mau update tentang proses pencairan dana JHT melalui proses e-Klaim BPJS Ketenagakerjaan/Jamsostek yangs sebelumnya saya post di Part 1 dan Part 2..

Akhirnya saya mendatangi Kantor Cabang BPJS TK yang ada di Mayapada Tower, Sudirman, setelah sebelumnya saya menghubungi di nomer telepon (021) 2500 711 untuk menanyakan apakah jam istirahat mereka tutup atau tidak. Setelah mendapat konfirmasi bahwa kantor cabang tetap beroperasi, saya langsung datang saat makan siang.


Kanto BPJS TK/Jamsostek Cabang Jakarta Sudirman/Gatsu II (Mayapada)
Gedung Mayapada berada di depan halte Transjakarta Karet, jadi tangga turun berada di gerbang Mayapada, enak kan?? hehehe

Saat saya masuk, saya langsung memberitahu kepada satpam yang bertugas di bagian antrian bahwa saya mau antri untuk e-Klaim (dengan memperlihatkan print out e-mail bahwa saya diminta datang ke cabang setelah permintaan e-Klaim diterima).

Pada antrian normal (manual), semua peserta yang ingin mencairkan dananya harus mengambil antrian B,dan saat saya datang, antrian B sudah mencapai nomor 44 (waduh, banyak juga ya saingannya kalo saya harus ngantri manual)..

Setelah melihat print out saya, pak satpam segera ke loket untuk mengambilkan antrian khusus untuk saya, yaitu antrian D. Pada kenyataannya, saat itu sedang waktu salat Jum'at, jadi petugas antrian hanya satu saja, jadi saya berpikir saya akan dipanggil setelah beberapa antrian normal. Namun yang saya kaget adalah saat itu saya langsung dipanggil "Ibu Karina, antrial E-Klaim". Saya yang sedang bengong terkaget-kaget, karena tidak sampai 5 menit saya langsung dipanggil. AMAZED! Agak canggung juga diliatin sama yang ngantri manual sih.. hehehe tapi dalam hati saya sudah bergaya sibak rambut ala-ala si James di Line itu. hahaahhaa

Saya disambut oleh mbak Devi, yang sangat cantik (beneran, ga muji doangggg), Mba Devi menjelaskan kepada saya kalau sebaiknya saya sarankan teman-teman saya yang lain untuk proses klaim elektronik agar prosesnya lebih cepat seperti saya ini karena cabang harus proses setiap permintaan e-Klaim yang masuk maksimal 2x24 jam. Mba Devi meminta semua dokumen fotocopy dan yang asli untuk dibandingkan, lalu ia menginput data saya kembali sambil mengajak ngobrol santai. Setelah saya dikonfirmasi mengenai jumlah saldo JHT saya, mba Devi memberikan print out tanda terima sebagai bukti bahwa saya permintaan klaim saya sudah di proses dan saya diminta untuk menunggu maksimal 10 hari kerja untuk dana masuk ke rekening saya.

Overall proses tidak sampai 10 menit! LUAR BIASAAAAA!

Jempolan deh untuk proses e-Klaim BPJS TK/Jamsostek ini.. semoga bisa membantu rekan-rekan yang masih bingung untuk proses pencairan dana JHTnya!

Jika ada pertanyaan, bisa komen di bawah atau email saya (alamat email ada di paling bawah halaman blog ini ^_^v

UPDATE 1:

Hai! Dana JHT saya cair hanya 5 hari kerja saja, terima kasih juga pada pembaca blog saya untuk email-emailnya ya, semoga pengalaman saya bisa membantu banyak orang. hehehe... Link lengkap dari awal sampai dengan akhir proses dapat dilihat dibawah ini:


UPDATE 2:

Hai, All! Dengan hit rata-rata 300-1000 perhari, saya cukup kewalahan juga untuk menjawab semua email dan komen yang ada tentang proses e-klaim BPJS TK. Jadi  harap teman-teman membaca baik-baik postingan blog saya dari part 1 sampai 3 dahulu, baru menanyakan komentar. Dan juga saya tambahkan beberapa FAQ yang jika sudah ada di FAQ, maka saya tidak akan reply komentarnya :D

1.       T: KTP saya wilayahnya berbeda dengan cabang BPJSTK/Jamsostek kantor, harus klaim dimana?
J: Kamu bisa klaim dimana saja, karena data BPJSTK sudah online semua ke cabangnya.

2.       T: Saya sudah submit, tapi belum dapat email balasan, bagaimana nasib saya?
J: Saran saya, sabar saja menunggu sampai kira-kira satu-dua minggu, jika memang belum dijawab, silahkan telepon cabang tempat anda mengajukan e-klaim. Proses e-klaim saat saya mengajukan adalah dimana e-klaim belum banyak digunakan oleh masyarakat, tapi saat ini dengan pengunjung blog saya yang meningkat drastis hanya karena postingan saya tentang e-klaim, pastinya traffic pengaju e-klaim juga meningkat di BPJSTK. Saran saya, SABAR. Hehehe

3.       T: Saya sudah dapat email notifikasi untuk datang ke cabang membawa syarat-syarat dan formulir F5, tapi formnya tidak bisa didownload. Harus bagaimana?
J: Form F5 bisa diisi ulang kembali secara manual di kantor cabang, minta saja blangko/form F5 kosong kepada petugas.

4.       T: Saya tidak bisa daftar klaim/daftar bpjstk/submit data e-klaim/upload dokumen. Kenapa?
J: SEJUJURNYA, saya tidak tahu kenapa, karena saya BUKAN petugas/karyawan BPJSTK. Saran yang dapat saya berikan adalah: cek kembali semua data yang akan disubmit, kalau bisa akses web dengan menggunakan laptop/komputer, bukan handphone. Siapkan semua data sesuai dengan syarat –syarat, gunakan browser terbaru, jangan gunakan Internet Explorer.  Cek kembali juga ke perusahaan tempat anda bekerja sebelumnya mengenai penonaktifkan nomer KPJ anda dan INGAT, anda baru dapat submit e-klaim setelah 30 HARI RESIGN/PHK/PUTUS KONTRAK.

5.       T: Yang diupload itu fotokopi atau asli?
J: Tentu saja yang asli. Nanti kalau sudah diterima pengajuannya, silahkan fotokopi yang asli dan dua-duanya dibawa untuk diverifikasi oleh petugasnya.

6.       T: Saya belum ditransfer nih, kenapa ya?
J: Saya tidak tahu, hehe. Karena saya bukan bagian finance dari BPJSTK. Dan ditambah dengan banyaknya pengaju klaim BPJSTK, saya yakin transferan anda masih dalam antrian. SABAR saja! 

3.       T: Saya ingin submit e-klaim ulang atau tukar cabang apakah bisa?
J: Secara sistem tidak akan bisa, tapi jika anda kekeuh, silahkan telepon call center BPJSTK.


 
XOXO,

270 comments

  1. hii Karina.
    Beruntung banget ya kamu, aku sudah berusaha melakukan claim lewat email, tapi setelah input no e-KTP dan dinyatakan data e-KTP sudah "valid" , dan sudah klik 'proses' muncul notifikasi bahwa 'Klaim ini harus dilakukan oleh Tenaga Kerja NA', NA=Non Aktif. Saya mengajukan e-klaim baru sebulan berhenti bekerja. apa mungkin ya, saya masih terdaftar aktif di perusahaan lama?

    tks.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai Nadia! iya, sepertinya kamu harus cek apa perusahaan lama kamu sudah mendaftarkan pemberhentian kamu di depnaker/bpjs tk apa belum, karena kalau belum kamu tidak dapat melanjutkan proses eklaim..

      Oh iya, apa kamu sudah bekerja kembali? karena bisa saja kamu sudah terdetect dalam sistem sudah aktif kembali bekerja, jadi tidak dapat proses eklaimnya..

      semoga membantu!

      Delete
    2. Hai mba karin, aku mau tnya soal surat pengunduran diri dr perusahaan. Aku tdk mendapatkan suratnya dr prusahaan. Hanya diberitahu utk datang ke disnaker utk minta stempel di paklaringnya. Apa itu bisa? Terima kasih

      Delete
  2. untuk surat pengunduran diri yan ditembuskan ke disnaker dan BPJS itu yang bagaimana ya suratnya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Agus, suratnya resmi dari HR untuk disnaker dengan tulisan tembusan ke BPJS, jika tidak ada bisa juga pakai Surat Pengunduran diri yang di tandatangai oleh HR (harus lengkap periode masa kerjanya ya!)

      Delete
    2. hai karinyoo bisa minta no Hp nya ada yang mau saya tanyakan biar lebih jelas. thanks

      Delete
  3. Mas, untuk karyawan yg di phk harus pakai bukti pendaftaran perjanjian bersama ke PHI ya mas

    ReplyDelete
  4. Eh salah mbak ya,maap saya pikir mas ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Agnes, sebelumnya saya mohon maaf yaa.. karena pengalaman yang ada di blog saya adalah pengalaman pribadi dan saya kebetulan proses keluarnya adalah resign, jadi kurang pemahaman untuk karyawan PHK, namun menurut peraturan BPJS TK, syarat klaim untuk karyawan PHK adalah sebagai berikut:

      KTP yang masih berlaku asli & fotokopi.
      Kartu Keluarga asli & fotokopi.
      Kartu BPJSTK asli & fotokopi.
      Surat Keterangan Berhenti Bekerja dari perusahaan (Paklaring) asli.
      Buku Tabungan asli & fotokopi (Apabila proses pencairan dana melalui transfer).
      Bukti Pendaftaran Bersama yang dikeluarkan oleh Pengadilan Hubungan Industrial (PHI)

      Semoga membantu ^_^

      Delete
  5. kalo ane e-klaim tapi domisili bekasi bisa memprosesnya di daerah mayada apa tidak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa mbak/mas di cabang Mayapada, kbetulan saya juga domisili Bekasi kok :)

      Semoga membantu :)

      Delete
  6. Mba Karina..
    Saya sudah coba eklaim bpjs 5 hari lalu, tp smp skrg blm ada konfirmasi email persetujuan dari pihak bpjs cabang slipi. Di coba tlp ke call center 1500910 sulit sekali, coba tlp ke kantor bpjs slipi juga selalu sibuk. Smp akhirnya saya coba lakukan eklaim ulang, tidak bisa dan malah muncul pesan bahwa data saya sudah pernah di input dan tidak bisa di input ulang, posisi saya sekarang jd gantung :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo lia, kasus kamu mirip sama temanku, akhirnya dia telp langsung ke cabang+komplain ke call center dan akhirnya keesokan harinya dapat email dari BPJS TKnya untuk datang ke cabang dan memang kita sekali submit data tidak bisa submit ulang. Ayo coba telepon call center/cabang lagi ya!

      Semoga membantu :)

      Delete
  7. Halo artikelnya membantu sekali. Saya ada niat utk pengambilan 2 bpjs dri 2 kntor lama saya. Saya domisili di depok tp apa bisa kalau pengajuan klaimnya di mayapada itu? Soalnya tertarik krn e-klaimnya lancar jaya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Airin, bisa kok domisili depon pengajuannya di Mayapada, saya saja domisilinya bekasi :)

      selamat mencoba e-klaim!

      Delete
    2. Alhamdulillah mbaa.. bpjs saya sudah done smua klaim di mayapada jg senin kemaren dan proses transfer sktar 3 minggu. Lbh lama dibanding wktu mba klaim. Benar bgt saya cuma nunggu sktar 10 atau 15 mnit nama saya dipanggil. Sampe2 ada mba2 yg udah ngantri lama keceplosan blg kok saya cepet bgt baru dtg tp langsung dipanggil dan diliatin semua yg nunggu karena antrian sudah ke 45 itu sktar jam stengah 12 saya dtg.

      Delete
    3. alhamdulillah mba Airin kalau artikel saya ini bermanfaat buat mba..

      sekali lagi selamat karena semua prosesnya sudah terlewati dan hanya menunggu transfernya. kemarin rekan saya bilang bahwa sampai dengan akhir tahun proses transfer eklaim akan lama karena begitu banyak orang yang klaim.

      terima kasih ya sudah posting update klaim mba disini, agar pembaca blog saya juga bisa mengikuti proses eklaim saya dan mba Airin

      ^_^

      Delete
    4. Iya mba sama2.. untung nemu blog mba ini percobaan saya jd terbantu. Dan kawan banyak tnya kok bisa, yaa saya ksh link blog mba saja utk bisa mereka baca jg cara2nya. Maksih jg mba sudah share pengalamannya jadi byk yg ke tolong jg.

      Delete
    5. Oh iya mba saya mau tanya lagi, waktu dpt transferan, pihak bpjs nya kasih kabar kembali tidak mba?

      Delete
    6. Kebetulan gak dikasih kabar mba, jadi rajin-rajin aja cek saldo mbak hehehehe

      Delete
    7. Waduh musti rajin cek atm nih. Soalnya g pake m banking

      Delete
    8. kalo boleh tau berapa lama cairnya ya??

      Delete
  8. sore mba, tanggal 9 november kemarin sudah submit semua dokumen untuk pencairan BPJS, sudah 9 hari kerja hingga hari ini belum masuk juga dana pencairannya, apakah kita bisa cari tau progress pencairannya, saya mencoba menghubungi jamsostek baik di call centre maupun di kanwil gedung mayapada tidak bisa dihubungi

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai rangga, saat ini sepertinya permintaan klaim bpjstk sepertinya sedang penuh, tetap coba saja telepon cabang.

      btw maksudnya sudah submit ini adalah kamu sudah datang ke cabang atau baru sukses upload? karena dana baru dapat dicairkan setelah selesai proses verifikasi dengan kita datang ke cabang. :)

      semoga cepat dicairkan!

      Delete
    2. Sudah datang dan di verivikasi oleh puhak BPJS.

      Delete
    3. hai rangga, mohon ditunggu saja untuk pencairan dananya karena setahu saya trafficnya sangat tinggi untuk transfer dana eklaim ini. teman saya ada yang 14 hari kerja baru cair.

      jika ingin mendatangi cabang, harap membawa tanda terima yang sebelumnya diberikan oleh cabang.

      semoga membantu :)

      Delete
    4. OK terima kasih ya mba atas penjelasannya

      Delete
  9. Hii mba Karina, kemaren kamis malam aku udah ajuin e-klaim, udah dapet Email juga dari bpjs, katanya suruh nunggu paling lambat jam 19.00 hari kerja berikutnya, kalau boleh tau Max berapa hari kerja ya untuk konfirmasi selanjutnya? Soalnya baru 1 hari ini belum ada konfirmasi lagi :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai mbak vielda, saat ini menurut informasi dari teman saya, proses verifikasi persetujuan eklaim dari cabang ada yang sampai 7hari karena cukup padat peminat eklaim..

      semoga segera dimudahkan ya prosesnya!

      Delete
    2. saya juga mengalami hal yang sama sudah hari ke 2 blm ada verifikasi persetujuan e-klaim :'(

      Delete
  10. Hai mba karina. Apakah proses pencairan bpjs wajib menggunakan e-ktp?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai mbak Aina, sepengetahuan saya, nomernya adalah nomer ktp saat kota didaftarkan bpjstk/jamsostek oleh perusahaan kita..

      Kebetulan nomer ktp lama saya saat didaftarkan jamsostek oleh perusahaan lama sama dengan nomer e-ktp saya sekarang..

      Semoga membantu :)

      Delete
  11. Hai mba,

    Ak jg uda ajuin via e-klaim dan uda dpt email disuruh ke cabang bawa dokumen lengkap. Tapi ada yg mao ak tanyain dr isi email itu adalah Jika anda pernah bekerja di lebih dari 1 perusahaan, harap membawa kartu dan berkas pendukungnya (asli dan fotocopy)

    Sedangkan surat referensi kerja nya uda saya kasi ke kantor yg baru semua. :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai mba Wenny, kalau bisa diminta dahulu saja/dipinjam dengan alasan untuk pencairan jamsostek/bpjstk di kantor sebelumnya. Karena itu merupakan syarat wajib mbak..

      Semoga sukses!

      Delete
  12. Mba Karina,

    Saya baru pulang dr BPJS Grogol walaupun rada lama nunggunya tapi berhasil kt nya proses transfer nya 7hari kerja..

    Makasih ya atas infonya mba :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, senang mendengarnya, selamat menunggu ya mba Wenny.

      terima kasih sudah sharing dan update disini. :)

      Delete
  13. Hey Mba,

    Mau Nanya donk, saya mau ngajuin e kaim juga, data - data belum saya upload karna untuk KK di luar daerah, dan untuk surat keterangan paklaring di perusahan pertama juga gak ada. apakah bisa hanya menggunakan dri paklaring perusahaan terakhir ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai mas Yuher, KK harus asli, jadi kalau bisa dikirimkan dari daerah ke tempat tinggal mas sekarang sebelum melakukan pengajuan e-klaim.

      jika paklaring hanya ada perusahaan terakhir maka yang bisa diklaim hanya yang terakhir saja mas (jika dua kartu bpjstk/jamsostek yang berbeda)

      semoga membantu :)

      Delete
    2. Kartu jamsostek nya sih saya 1, pake no. jamsostek di perusahaan sebelumnya untuk di perusahaan 2. kalo di akumulasi sepertinya bisa x ya pklaring perusahaan terakhir. oiya teman2 saya yang ngurus klaim manual, pklaring nya di mintai cap dari kantor ketenagakerjaan. perlu gak sih itu sebenar nya? thx before mbak :)

      Delete
    3. Halo mas Yuher, maaf saya kurang mengerti kalau untuk paklaringnya dan masalah 1 kartu untuk dua perusahaan. :)

      Delete
  14. Pagi mba, mw tanya klo link download F5 dalam email balasan tidak bisa di klik knp ya mba? udah saya coba di copas tp tetep gk bisa (The requested URL /assets/uploads/2******5/F5_1*********5_1****2.pdf was not found on this server.). mohon bantuannya ya mba. trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo akang sunda, hehehe..

      Wah saya kurang tahu kenapa ga bisa dibuka linknya, tapi mas..eh akang, bisa isi form juga di kantor bpjstk langsung. Bilang saja form F5nya tidak bisa dibuka. Jangan lupa bawa materai ya :)

      Semoga saran saya membantu !^_^

      Delete
  15. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  16. Halo mba karina,

    Kl si kartu bpjs sudah di kasih kepetugas otomatis kartu teesebut sudah tidak aktif ya ?
    Karna pas kemarin saya selesai verivikasi, di kantor cabang, pas pulang mau cek saldo JHT itu sudah tidak bisa

    Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo mas Agus (atau mbak?), setelah di verifikasi dan kartu jamsostek kita diminta oleh petugas, memang kita tidak akan dapat membuka akun kita.

      semoga membantu :)

      Delete
  17. linknya download F5 ga bisa di buka not found gmn nih??kasih solusi dong

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai mas Harmoko, jika linknya tidak dapaet didownload, nanti bisa mengisi form F5 langsung di kantor cabang BPJSTK :)

      Semoga membantu

      Delete
  18. permisi kak, untuk pencairan e-klaim apakah mencakup semua daerah atau cuma daerah tertentu saja yang bisa...saya mau nyairkan jht tapi saat saya mencoba antri manual kata petugas bpjs cabang terdekat (45km dari rumah) jht saya masih aktif a.k.a belum di non aktifkan dari perusahaan sedangkan saya sudah keluar sejak awal september dan saya konfirmasi perusahaan katanya sudah di non aktifkan...jadi baiknya bagaimana??maksud saya mau mencairkan jht lewat e-klaim biar hemat bensin hemat tenaga tidak harus PP dengan jarak segitu...tapi takutnya cuma daerah tertentu saja yg bisa menggunakan e-klaim...mohon pencerahannya...makasi kak :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo stevanus, wah untuk coverage area e-klaim saya kebetulan belum tahu apakah untuk daerah apa saja yang bisa e-klaim. Tapi seperti post saya sebelumnya, silahkan coba buat akun di BPJSTK online di aplikasi handphone maupun website, disana kamu bisa cek apakah BPJSTK kamu bisa dicairkan atau tidak.

      Delete
  19. Sore mba,mau nanya nih
    Saya sudah mengajukan e-klaim juga,kebetulan saya jarang bgt buka e-mail makanya saya tidak tau kalo akan ada kiriman e-mail dari bpjstk..
    setelah saya baca postingan mba saya langsung cek e-mail saya,dan ternyata pengajuan e-klaim saya disetujui dan saya pun sama di suruh dtg ke kantor cabang yg saya pilih,paling lambat 7 hari setelah e-mail diterima..
    Nah yg jadi masalahnya karna saya baru cek e-mail nya setelah saya baca postingan mba dan ternyata e-mail yg saya terima sudah lebih dari 7 hari..
    Kalo kejadiannya seperti itu gmn ya mba?
    Apa saya harus mengajukan e-klaim dri awal lagi,atau saya bisa langsung ke kantor cabang nya saja..
    Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai mas Rizki

      Mas bisa coba langsung ke kantor cabang saja dengan membawa seluruh syarat yang diharuskan, tapi alangkah lebih baik jika mas konfirmasi terlebih dahulu ke cabang. :)

      Delete
  20. halo karina, saya mau tanya tentang surat pengunduran diri yang di kirim oleh perusahaan ke dinas ketenagakerjaan apakah wajib ada. kalau tidak ada gimana y. thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai mas Hendra, kebetulan saya tidak pakai surat pengunduran diri yang dikirim oleh perusahaan ke disnaker, hanya menggunakan surat keterangan kerja dari HRD.

      Semoga membantu :)

      Delete
    2. Hello mba karin. Klo boleh sya tnya mba resign sblm september 2015 ych? Krna yg sya tau peraturan saat ini wajib menggunakan surat pengunduran diri dari perusahaan. Terima kasih

      Delete
    3. Iya saya mengundurkan diri sebelum september 2015, dan saya juga menggunakan surat pengunduran diri dari perusahaan kok, silahkan dibaca lebih detail lagi pada tulisan saya di part sebelumnya

      :)

      Delete
  21. Hallo Mba, Saya mau tanya. Untuk data yang di upload formatnya apa ya? Karena saya sudah dua kali e-klaim menggunakan format Pdf untuk dokumen surat menyurat (KK, Packlaring, Buku tabungan) dan format JPeg untuk dokumen KTP dan kartu BPJS, namun selalu dpt balasan dari email pemberitahuan e-klaim seperti ini "Belum memenuhi persyaratan, karena Data yang diupload tidak terbaca."
    Thanks Before :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo mbak Zulfani, semua data harus dengan format .JPEG/.JPG (format gambar/foto)

      :)

      Delete
  22. maaf sebelumnya..
    saya kan sudah upload sudah hampir 2minggu tpi blum ada konvirmasi lanjutannya ya mba??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai mbak Beby, silahkan coba hubungi kantor cabang yang mbak apply :)

      Delete
  23. mba.. print out yang kita bawa pas mau ke kantor bpjs itu print out apaan ya mba??? Alhamdulillah td pagi saya nyobq eklaim..td siang langsung dibls bahwa berkas saya memenuhi syarat..terus sudah saya dowload yg F5..formatnya pdf. itu buat apa yh??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai mbak Ery, formulir F5 adalah formulir yang digunakan untuk pencairan dana mbak, jadi wajib di print dan disertakan pada proses klaimnya, :)

      Delete
    2. Mf mba ... kl formulir f5 nya itu ternyata alamatnya salah gimana ya... kan ga bisa diubah karena sudah diisi otomatis oleh Bpjs ...

      Delete
  24. Maaf mau tanya kalau untuk menanyakan pencairan klaim kmn ya? krna setiap kali sya cek keterangannya 'klaim blm diproses'. pegawai blg krg lebih satu minggu. ini sudah lebih tp tak kunjung cair

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo mbak Lena, kalau boleh tau prosesnya sudah sampai mana ya? apa sudah datang ke cabang? Jika memang tinggal menunggu transfer, saran saya tetap tunggu saja, rekan saya ada yang satu bulan baru di transfer :)

      Delete
  25. siang mba karin.. sy mau tanya untuk nama bank nya yg cepet itu bank apa ya? soalnya ada yg bilang kalo pake BANK BRI/BNI itu proses nya cepat.. mohon bantuan nya..
    mkasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai mas Satria, yang dianjurkan itu memang bank BNI/BRI karena bisa hari itu juga dicairkan katanya. Saya kebetulan pakai bank BCA. :)

      Delete
  26. Mba karinyoo, klo buku tabungan ga ada bisa menggunakan rekening koran ga? Atau bisa menggunakan rekening istri. Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo mas Fahmi,setahu saya harus pakai cover buku tabungan yang sesuai dengan nama kita rekeningnya. :)

      Delete
    2. Mba, sekarang lewat e-klaim sulit ya. Beberapa kali saya sudah uplod dan pada saat proses balik ke form lagi. Ada Solusi ga mba, bpjs yg dituju di mayapada.

      Delete
  27. Mbak kalau e-klaim kan kita disuruh pilih alasan klaim JHT. Nah klau saya milih nya MENGUNDURKAN DIRI itu trus yang harus di upload apa bisa cuma pakai pengalaman kerja? Trima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai, silahkan baca part 1 untuk lebih jelasnya karena saya sudah post sebelumnya. :)

      http://travelnyo.blogspot.co.id/2015/10/e-klaim-bpjs-ketenagakerjaan-jamsostek.html

      Delete
  28. Mbak kalau e-klaim kan kita disuruh pilih alasan klaim JHT. Nah klau saya milih nya MENGUNDURKAN DIRI itu trus yang harus di upload apa bisa cuma pakai pengalaman kerja? Trima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai adhi, silahkan baca part 1 untuk lebih jelasnya karena saya sudah post sebelumnya. :)

      http://travelnyo.blogspot.co.id/2015/10/e-klaim-bpjs-ketenagakerjaan-jamsostek.html

      Delete

      Delete
  29. Hai mbak, dana BPJSnya dikenai pajak gak? Kalo kena pajak berapa persen?

    ReplyDelete
  30. print out e-mail itu apa ka ??? ada contoh nya

    ReplyDelete
  31. setelah sukses melakukan proses e-klaim kita datang ke kantor membawa dokumen2 nya ??? terus bukti bahwa kita proses e-klaim apa lagi selain itu ?

    ReplyDelete
  32. Mau tanya nih mba karin, Semua proses sudah selesai. tinggal tunggu transfer. klo menggunakan rek punya saudara kira2 kemungkinan bisa di proses atau tidak ya..?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setahu saya wajib dengan rekening atas nama pemegang kartu BPJSTK/Jamsostek.

      Thanks,
      Karin

      Delete
  33. Pencairan di Mayapada proses verifikasinya ok dan lancar selama kita datang pagi atau menggunakan E claim, hanya saja standard pencairan Dana untuk masuk ke rekening blum bisa diprediksi kadang ada orang yang hanya 5 hari kerja tapi beberapa orang yang hingga 9 hari kerja dana belum masuk. Mungkin harus ada kejelasan atau standard waktu pencairannya agar kita tidak H2C (bagi orang yang sangat membutuhkannya) Just share Mba Karinyoo , Many thanks.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai mas arie, terima kasih banyak atas sharenya yah~~

      Seneng banget ada yang share pengalaman eklaimnya disini..

      😊

      Delete
    2. sama sama mba :) semoga bermanfaat yaah buat kita semua

      Delete
  34. Mba, sekarang lewat e-klaim sulit ya. Beberapa kali saya sudah uplod dan pada saat proses balik ke form lagi. Ada Solusi ga mba, bpjs yg dituju di mayapada.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai mas Fahmi, apa sudah benar semua format upload datanya? Trims

      Delete
  35. Mau share donk, kalau disnakernya apakah bisa dimana saja atau disnaker jakarta pusat?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai mbak Nieza, saya kebetulan tidak ada yang menggunakan surat disnaker, jadi tidak tahu. Terima kasih

      Delete
  36. hai mba,mhon pncerahannya kmrn tgl 30 november 2015 sya mngajukan pncairn dana jht dicabang trdekat didaerah sya dn kta pihak bpjs nya dana akn cair sktr 3minggu tp sampai saat ini ko msh blm dtransfer jg y,dn 1 mnggu yg lalu sya cek saldo sya di apps bpjstk ko msh bisa y?. dn tmn sya 2mnggu mlh udh cair.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai mas Ikhsan, Kalautanggal 30 November sampai hari ini seharusnya belum terhitung 14 hari kerja (libur tidak dihitung), Ditunggu saja ya mas, karena teman saya ada yang sampai 1 bulan baru di transfer (apalagi sekarang banyak libur).

      Mantap juga prosesnya sudah selesai semua. :)

      Delete
  37. oh bgtu y mbak sya kira hri lbur jg dhitung,iya mba itu jg krna bntuan dri pihak bpjs,untung pihak bpjs ddaerah saya petugasnya baik hati mau bntu sya minta surat pngundurn diri dperushaan tmpt sya krja kmrn dn ngfax mnta tnda tngan dn stamp buat form ksalahan data saya di bpjs

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah begitu toh mas, memangnya di BPJSTK cabang mana? bagus yah pelayanannya.

      Semoga cepat selesai proses transfernya ya mas :)

      Delete
  38. om ane udah isi form e-klaim, tapi ko belum ada balesan ke email n no hp ya ? kira2 udah ngisi 10x lebih tapi ga ada balesan juga,
    solusinya bagaimana ya om, muncul tulisan Klaim ini harus dilakukan oleh Tenaga Kerja NA

    trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai mas Sugeng, tenaga kerja NA berarti statusnya masih aktif bekerja/belum dilaporkan ke disnaker perihal resign/tidak aktifnya oleh perusahaan anda sebelumnya.. coba cek di kantor lama anda ya mas.

      Delete
  39. Mba karin saya mau tanya.. Saya sudah sampai tahap dapat balasan email rekam klaim jaminan dengan keterangan "mohon menunggu pemberitahuan selanjutnya paling lama pukul 19.00 hari kerja berikutnya" , namun sampai sekarang masih belum dapat info apapun. Saya juga sudah beberapa kali menghubungi via telepon tapi operatornya sibuk terus. Saya kirim data eklaim & langsung mendapat email balasan rekam klaim hari selasa tanggal 15 minggu lalu. Sekiranya mbak punya teman yg punya pengalaman sama seperti saya? Apa memang sebaiknya saya tetap menunggu saja sambil terus mencoba menghubungi, karna mungkin juga jangka waktu penanganan setiap orang berbeda, atau ada solusi lainnya? Soalnya saya juga belum ada waktu lagi untuk datang langsung kesana. Trims sblmnya.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai mas Febyan, sebaiknya ditunggu saja karena desember ini cukup banyak hari libur dan PNS sudah mulau cuti..

      Delete
    2. Hi mba, terimakasih ya atas share info dan pengalamannya, bermanfaat sekali. Alhamdulillah seluruh rangkaian proses eklaimnya kemarin sudah selesai, tinggal menunggu transfernya saja yang di beritahukan dalam waktu 5 hari kata petugasnya.
      Namun memang ada beberapa pengalaman yang berbeda. Kemarin karena kebetulan saya ada kesempatan ke daerah sana, lalu saya iseng ke kantor cabang Bekasi dengan maksud cuma mau bertanya karena sudah dapat email balasan rekam klaim jaminan dari tanggal 15 Desember 2015 kurang lebih 2 Minggu yang lalu tapi belum ada info kelanjutan apapun, sambil membawa print out tsb. Tanpa mengetahui ternyata saya sudah dapat kiriman email balasan mengenai persetujuan pengajuan klaim jaminan saya yang telah memenuhi syarat di hari itu. Ternyata oleh security saya malah langsung di beri antrian (fastract)yang khusus untuk pengaju via eklaim dengan kode A nomor urut 013 padahal yang menunggu sudah banyak sekali dan nomor urutnya pun sudah sampai ratusan. Dan setelah nomor urut saya di panggil ternyata oleh petugas CSO'nya pun bisa langsung di layani dan seluruh prosespun selesai.

      Awalnya saya agak khawatir kalau tidak bisa diproses karna merasa belum mendapat email balasan persetujuan yang diserati dengan link F5 dari pihak BPJSTK yang ternyata berupa form yang sama seperti yang diisi manual oleh para pengaju lainnya yang tidak melalui eklaim, dan tidak membawa printoutnya. Tapi alahamdulillah ternyata dapat diproses, walaupun saya juga tidak menanyakannya ke petugas CSO nya. Tapi semua berkas yang diperlukan memang sengaja saya bawa semua. Karena cukup heran juga dan penasaran, saya coba cek email ternyata ada email balasan. Tapi email tersebut baru dikirm jam setengah sepuluh sedangkan saya di proses sekitar jam 9an..

      Maaf ya mba jadi curhat panjang.. ^n^ Semoga saja bisa sekalian share pengalaman buat para sahabat sekalian yang ingin mengurus klaim jamsostek / bpjstk juga. Saran saya sih ya lebih baik via eklaim saja karna tidak harus menunggu sampai berbulan" seperti para pengaju yang non eklaim yang kemarin saya temui. Walaupun memang benar menunggu email balasannya agak was-was seperti di PHP-in tapi benar juga kata Mba Karin, karena saya melakukan pengajuan eklaimnya dibulan Desember mungkin bentrok juga dengan banyaknya orang yang mau klaim di akhir tahun juga dekat dengan libur panjang jadi petuganya pun banyak yang cuti jadi terkesan agak lama dalam pembalasan emailnya. Namun setidaknya ketika datang langsung ke kantor cabang, saya bisa langsung dapat nomor antrian fast track yang digit nomornya jauh lebih sedikit dibanding yang non-eklaim sehingga tidak harus menunggu lama antrian untuk dipanggil.
      Siapa tahu saja kalau melakukan pengajuan eklaim sekarang" ini responnya bisa lebih cepat lagi. Semangat selalu untuk semuanya, sabar, dan semoga dilancarkan ya untuk segala urusannya. Sukses juga untuk mba Karin.. Aamiin :)

      Delete
  40. mbak.. knpa ya ,, sewaktu saya telah upload dokumen nya. trus pin verifikasinya hilang". padahal udah di isi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mas widson, saya kurang mengerti maksud mas. mohon dijelaskan lebih detail step2nya..

      Delete
  41. haloo mbaaa ...
    artikelnya membantu sekali, saya juga sudah coba menggunakan e-klaim. tp sayangnya saat klik proses, ada pemberitahuan bahwa data hanya bisa diisi oleh karyawan non aktif. pdhl saya sudah resign per November kmrn.. mohon pencerahannya mba -__-
    trims yaa mba ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. mbak/mas agus, jika resign per november, baru bisa apply e-klaim di Januari 2016.:)

      Delete
  42. hai mba saya mau tanya di kolom e klaim ada pertanyaan alasan mengambil jht saya habis masa kontrak kerja jd saya mesti pilih yg mana?

    ReplyDelete
  43. enak yaa,, dah 2 minggu saya nyoba masuk ke websitenya tp pas klik process, yang nongol cm tulisan "Klaim ini harus dilakukan oleh Tenaga Kerja NA".. begituuu terus mpe puluhan kali.. enggak tau knp sebabnya :( kl ada yg bs bantu, saya berani bayar deh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. bantu jawab. anda harus menghubungi kantor anda yang terakhir untuk menonaktifkan bpjs anda..
      oiya kartu bpjs anda nonaktif otomatis setelah 1/2 bulan dari tanggal anda terakhir bekerja

      Delete
    2. Hai Unknown, benar sekali apa yang di jawab oleh mba Maharani (thanks ya mbaa), kalau status kita tenaga kerja NA harus menunggu kantor lama anda menonaktifkan bpjstk anda, dan juga jangan lupa untuk menunggu 1 bulan setelah resign baru bisa apply pencairan dana e-klaim :)

      Delete
  44. Thank you mba buat infonya, aku coba ikutin semua cara dari blog ini dan sekarang lagi tunggu proses persetujuan eKlaimnya. Semoga lancar juga kaya mba Karin. Thank you banget!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Ankayama, senang sekali bisa membantu. Semoga lancar ya prosesnya :) Thanks sudah mampir dan memberikan komentar

      Delete
  45. Hai Mbak Karin,

    Saya mengajukan eclaim per kemarin (04/12) dan hingga saat ini blm mendapat balasan. Rencananya besok saya akan datang ke kantor bpjs tempat pengajuan eclaim tsb utk pencairan secara manual. Apakah hal spt ini bs dilakukan (sebelum ada balasan, mengajukan klaim secara manual). Mohon pencerahannya. Jika ada teman2 yg punya pengalaman yg sama, mohon sharing ya..Thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ralat, maksud saya 4 januari 2015 (04/01/15). Thanks

      Delete
    2. Sekedar bantu menjawab. Apakah seluruh data yang mba May isi sudah benar-benar valida dan tidak ada kesalahan sam sekali (termasuk dengan seluruh lampiran berkas yang harus di upload), karena sepengalaman saya jika seluruh proses pengisian form eklaim sudah berhasil, dan ketika selesai pengisian data ada keterangan bahwa "data telah berhasil disimpan dan dipersilahkan untuk mengecek email untuk informasi lebih lanjut" tidak terlalu lama di hari yang sama kita akan langsung mendapat email balasan berupa " Rekam Klaim Jaminan"

      Merunut pertanyaan mbak diatas, kalau mbak memang ingin malakukan secara manuat bisa saja sepertinya. Apalagi kalau mba memang belum mendapatkan email balasan Rekam Klaim Jaminan dari pihak BPJSTKnya serta membawa Print-Out nya.

      Tapi menurut saya labih baik menuggu saja dulu email balasannya. (kalau memang semua pengisisna data sudah benar" valid)
      Karena nanti ketika datang langsung dengan disertai print-out email balasan dari pihak BPJSTK mba akan diberi nomor urut fastrack khusus antrian yang melalui eklaim oleh petugas (Biasanya Secutity), dan pemanggilannya pun akan lebih cepat mbak dari yaang non-eklaim.

      Semoga bermanfaat.. :)

      Delete
    3. Thanks Mas febyan atas sarannya yang sangat berguna. Akhirnya saya mengambil nomor antrian manual untuk hari kamis lalu. Di kantor bpjs ini kebetulan pencairan bisa dilakukan di hari yang sama, tanpa harus antri berbulan-bulan. Tapi, butuh perjuangan utk bs dapat nomor antrian, hehe... Singkat cerita, akhirnya saya dapat no antrian menjelang terakhir (dengan kuota 150 per hari). Sudah bisa dibayangkan jam berapa nomor urut saya baru terpanggil. Tapi karena teringat cerita mas feby, saya langsung ke bagian cust service utk menanyakan status eclaim saya yg sdh di submit 2 hari sebelumnya. Oleh mbak CSO, saya diinformasikan bahwa status eclaim saya telah berhasil dan disetujui, namun memang belum mendapatkan email..akhirnya saya juga dipersilakan untuk ke loket khusus eclaim utk proses lebih lanjut.. Di bagian eclaim, saya mengantri sekitar 1 jam, lalu nama saya dipanggil dan sekitar 10 menit, selesai sudah prosesnya, tinggal menunggu dana masuk di minggu berikutnya.. Senang sekali bisa menempuh jalur antrian eclaim. Pada saat saya mau pulang, antrian manual baru sampai di no. 20. Sungguh beruntung sekali saya waktu itu, sementara yang lain masih menunggu antrian, saya sudah bisa pulang. Semoga sharing pengalaman saya bermanfaat bagi yang lain :). Terima kasih

      Delete
    4. hi mba Mey dan mas Febyan.. thanks sudah sharing disini.. maaf saya sedang agak banyak pekerjaan di kantor jadinya belum sempat membalas komen di blog :)

      Delete
  46. mba... apakah proses pengisian E-klaim bisa di lakukan di hari sabtu/ libur? thx

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai qbot, maaf saya kurang tau. seharusnya bisa yah, tapi pasti di proses saat hari kerja

      Delete
  47. Mba saya udh pengisian E-klaim trus di suruh tunggu info dri email...tpi ko aku blom dpt info y mba...memang klo info y lama y....hrus nunggu berap jam atau hari mba..mksih

    ReplyDelete
  48. maaf mba mau tanya,tadi saya udah proses ekalim tp ada balesan gini " Belum memenuhi persyaratan, karena surat
    keterangan berhenti bekerja yang saudara
    lampirkan belum ditujukan ke Disnaker dan
    silahkan menggunakan email pribadi anda." itu harus nya gmana ya?bkannya pke pkelaring aja bisa?mksih :)

    ReplyDelete
  49. mbak saya dah rekam eklim bpjs.rekamnya berhasil tp d suruh nunggu pemberitahuan selanjutnya paling lama jam19:00 hari kerja berikutnya.... tp ni dah 3hari kerja kok blm ada pemberitahuan selanjutnya dari bpjs... jadi gimana ni mbak,mohon sarannya dong mbak.... makasih

    ReplyDelete
  50. Hai mba..aq udah pengajuan n submit data via e-klaim hari selasa kmrin..udh dpt email blsan untuk menunggu dihari kerja berikutnya maksimal smp dgn jm 19.00, tp smpai dengan saat ini kok blm ada email konfirmasi lg ya..jd ngegantung n was2, klo pengajuan ditolak...

    ReplyDelete
  51. Alhamdulillah klaim saya sudah memenuhi persyaratan dan saya tinggal k kantor cabang bpjs yg sy ajukan yaitu d cileungsi bogor. Saya kira klaim saya tdk bsa d proses krn pas sy upload pasti selalu "data gagal disimpan" tapi kmren sore sy dpet email dr eklaim klo data saya sdh memenuhi persyaratan. Kendala saya ada d link f5 yg ga bsa d download. Apa ada solusi lain?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau form F5 tidak bisa di download bisa langsung isi form kosong F5 di cabang :)

      Delete
  52. Hai semua mau berbgi pengalaman sblmny sy jg udh line mba karinyoo jd menurut sy klo mau simpel bagi yg berhentinya sesudah tgl1 sept mending ke disnaker pusat dulu utk legalisir parklaring nya sesuai domisili ktr pst anda krj masing2 kmrn pengalaman sy jam1 siang legalisir kbtln sy ke kantor wako jaksel 20mnt kelar kok lalu sy ke bpjs mayapada jam 3 sore sepi bgt dg antrian no 120 terakhir dan lgsg di panggil mba devi yg cantik udh clear tggu cair aja sebulan max nya huft lama jg...hehhe

    ReplyDelete
  53. Mau tanya...saya sudah daftar dan sudah dapet pin nya.pas di pengisian data malah eror gara² internetnya mati.mau masuk lagi sudah tidak bisa. Cara masuknya lg gmn ya???

    ReplyDelete
  54. Mau tanya...saya sudah daftar dan sudah dapet pin nya.pas di pengisian data malah eror gara² internetnya mati.mau masuk lagi sudah tidak bisa. Cara masuknya lg gmn ya???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai mas Tri, tidak bisa masuk itu maksudnya gagal login atau tidak bisa daftar klaim?

      Delete
  55. mba mau tanya dunk,saya sdh daftar via email,dan sudah mendapat email balesan,namun tertulis ''Belum memenuhi persyaratan, karena dokumen tdk dapat dibuka'' apa saya harus daftar ulang atau saya langsung melengkapi dokument di antrian eklaim bpjs terdekat??

    ReplyDelete
  56. malam mba, saya mau tanya untuk upload dokumen nya kalau yg seperti "fotokopi kk dengan menununjukan yang asli" itu saya upload 2 file (fotokopi dan asli) atau saya uplod yg asli saja?

    ReplyDelete
    Replies
    1. upload yang asli tidak apa-apa, sama saja, asal nanti saat dipanggil oleh petugas verifikasi untuk datang, dibawa dua-duanya :)

      Delete
  57. Pagi Mba. Wah, senangnya tidak ada kendala proses e-klaimnya. Saya baru upload data, Kamis malam (21 Jan) semoga Senin sudah diverifikasi. Cuma takut ditolak karena saya pakai BC* Tahapan Xpresi (tidak ada buku tabungan, pernah coba cetak koran tetap tidak bisa *kata petugasnya begitu*), jadi ATMnya yg saya scan (dibagian belakang kartu ATM terdapat no. rek dan tanda tangan saya). Waktu itu sih pernah melampirkan ATM untuk verifikasi seller di K*sKus, Alhamdulillah terverifikasi, semoga eklaim BPJS TK juga bisa. Kalau berhasil, sekalian mau share pengalaman ditambahkan dari artikel punya Mba. Doakan lancar dan cepat cair, aamiin.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai mba Arrysne semoga berhasil ya, thanks udah update pengalamannya disini :)

      Delete
    2. Halo Mba. Wah Alhamdulillah, baru aja dari KanCab untuk bawa berkas2nya. Tinggal nunggu transferan, diinfokan sih 7 hari kerja (sabtu minggu tidak termasuk). Cuma sayangnya agak kurang pelayanannya, mungkin karena banyaknya antrian manual, jadi petugas kuranng koordinasi. Petugasnya bilang, "disini g ada anttian khusus klaim online". Waduh, padahal pengajuan diterima. Trus kasih lihat email yg kedua ke petugasnya (untuk bawa berkas), g lama dipanggil, petugas lain cek datanya, disuruh nunggu, dipanggil lagi, masuk ke ruangan staff (kayanya memang belum disediain tempat khusus eklaim), kasih berkas2 deh. Udah deh, tinggal nunggu trasnfer.

      Nanti saya share deh, seru2 gimana gitu.

      Makasih banget Mba buat artikelnya, membantu banget

      Delete
  58. Sore mbak...sy ingin bertanya,sy sudah melakukakn proses pencairan jht via bank bri,dan semua persyaratan lengkap sudah sy berikan,tetapi kenapa setelah 2 mnggu ini dana tsb blm masuk ya.terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai mas reeant, saya hampir dua minggu kerja baru masuk, teman saya ada yang sebulan. yang jelas mas tinggal sabar menunggu saja karena antrian transfer tentunya tidak sebentar untuk saat ini.

      Delete
  59. Hai kak salam kenal
    Kak saat pengisian data dibagian kantor bpjs disitu ada urutan nama kantor dan alamatnya ga? Soalnya aku mau ngajuin bpjs di kantor unitnya bukan di kantor cabangnya.
    Trims..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidak ada, sebaiknya kamu searching sendiri kantor yang akan kamu ajukan e-klaim sebelumnya.

      Delete
    2. Aku udah coba e-klaim dan berhasil, ga nunggu konfirmasi jam 7 mlm.cuma nunggu 15 menit udah ada balasan email dr bpjsnya 😆 tapi e-klaim hanya bisa diproses di kantor cabang.

      Oia kk. Aku mau tanya saat kita ke kantor bpjs'y apakah berkas2 copyan dan asli dimasukan ke kotak dropbox?

      Mksh udah berbagi.. bermanfaat bgt.

      Delete
    3. Maaf Mba Karin, saya coba bantu jawab y.

      Ke KanCabnya, ada baiknya bawa berkas asli dan copy-an (buat jaga2). Langsung ke petugas yg ada didepan (biasanya satpam, InsyaAllah mereka mengerti). Bilang mau ambil antrian khusus eklaim. Tidak usah masukan berkas ke dropbox lagi, dropbox setahu saya untuk antrian manual. Tapi kalau ragu, tanyakan sekalian ke petugas waktu mau ambil antrian, berkasnya perlu dimasukkan atau tidak.

      Delete
  60. Sore mbak...sy ingin bertanya,sy sudah melakukakn proses pencairan jht via bank bri,dan semua persyaratan lengkap sudah sy berikan,tetapi kenapa setelah 2 mnggu ini dana tsb blm masuk ya.terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai mas reeant, ditunggu saja, kalau belum cair juga silahkan hubungi cso :)

      Delete
  61. Mf mba mau tanya kl formulir f5 nya itu ternyata alamatnya salah gimana ya... soalnya ga bisa diubah karena sudah diisi otomatis oleh Bpjs

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai mba fazira, di print saja form f5nya lalu nanti isi ulang form f5 kosong yang ada di cabang..trims

      Delete
  62. maaf mbak karin mo tanya,waktu pertama daftar kan di jamsostek,namanya lili karsuli, nah trs perubahan data nama saya karsuli dan sudah keluar kartu kesehatannya a/n karsuli, tapi sy cek perincian saldo namanya msh lili karsuli, bermasalah gak nanti kl pencairan dana ketenaga kerjaan ? trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai mbak, untuk jaga2,bisa buat surat keterangan dari kelurahan/rtrw kalau karsuli dan lili karsuli adalah orang yang sama.. :)

      Delete
  63. Selamat pagi mbak karinyoo, sy mau nanya. Kmrin pagi sy sudah daftar eklaim dan sudah ada blasan enail dri bpjs bahwa data sy ditrima dan disuruh ke bpjs lg membawa dok.asli. dan ada form terlampir diemail. Yg mau sy tnya, ktp sy kan ktp pontianak, dan di eklaim sy pilih kantor bpjs cabang grogol. Bagaimana ya? Apa harus ada surat keterangan domisili? Makasih sblmnya mbak karinyoo. Slmat pagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai mas aldo,setahu saya tidak ada masalah untuk domisili yang berbeda.. karena ktp saya jawa barat tapi saya klaim di jakarta :)

      Delete
  64. Hai mba/mas...
    Mau taunya buat siapa saja yang bisa jawab.
    Saya sudah melakukan e-klaim dan sudah direkam tapi belom dapet balesan persetujuan. Dalam eklaim saya mendaftarkan di kantor cabang mag***ng, apa bisa saya mengurusnya mendatangi kantor cabang lain yang lebih dekat, karena kantor cabang yang ada di data saya jauh.
    Mohon penjelasannya yah...
    Sebelumnya terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai mbak fetri, setahu sy kita tidak bisa ubah cabang, namun mbak bisa coba telepon CS untuk memindahkan aplikasi eklaim ke cabang lain..teman sy pernah begitu soalnya..

      Delete
  65. mba/mas, sy sudah pernah lwat e-klaim. dan berhasil di rekam. tapi sampai sekarang sdh mau 2 bln ko ga ada kbr lg ya? apa karna bpjs sy mash aktif. pdhl sy sdh brhnti kerja hmpr 1th yg lalu. tlg infonya :) trims

    ReplyDelete
  66. Permisi mba..apakah benar di wawancara terlebih dahulu pada saat pencairan??kalau iya wawancara mengenai apa? atau apa saja yg ditanyakan ya mba??biar saya persiapkan jawabannya...terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai mas Jonas, saya tidak tahu kalau proses manual ada atau tidak wawancaranya tapi untuk e-klaim tidak ada, saya hanya datang untuk verifikasi data dan tanda tangan saja. :)

      Delete
    2. Mas saya udh dapat balasan eklaim nah saya udh lebih dari 7 hari eklaim gmna yaa.masih bisa gak yaaa

      Delete
    3. hai mba suchy, kebetulan saya perempuan.. jadi panggilnya mbak saja jangan mas :)

      dari pengalaman saya, sata tidak tahu apakah bisa kalau lebih dari 7hari,tapi menurut beberap komentar di blog ini, ada yang bisa. silahkan datang saja ke cabang bpjstk yang dipilih.

      Delete
  67. Mba karina q mau tanya kalau kartu kepesertaannya hilang kita mesti urus kkantor polisi ,apah bisa claim lewat e klaim ?terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. harus buat surat keterangan hilang ke kantor polisi

      Delete
  68. Stelah pengisian form e-klaim saya mendapatkan 2 email dri bpjs. Pertama isinya proses rekam dan kedua email persetujuan untuk dtg ke kntor bpjs dan donwload form f5. Setelah sya dtg ke kantor bpjs (pagi tadi) lalu minta nmt antrian smbil menunjukkan form f5 dan email balasan, petugas security malah bilang bahwa masih ada lampiran yg kurang... saya lgsg merasa aneh karena di email kedua menyatakan bahwa untuk proses selanjutnya silahkan dtg ke kntor bpjs serta membawa dokumen2 paling lambat 7 hari kerja.

    Yg jdi pertanyaan sya apakah ada email atau form lagi setelah kita mendapatkan email kedua?

    *sya tlp CS bpjs tp sibuk terus

    Mohon pencerahannya mba
    Thx

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi mas akbar kalau boleh tau kata security apa yang kurang dokumennya? apakah mas sudah verifikasi ke petugas langsung mengenai hal ini?

      saran saya lebih baik tanya le petugas langsung jika memang semua syaray sudah dibawa.

      Delete
  69. Mba saya sudah pengajuan pencairan dana bpjs , lalu saya cek saldo haslnya nol itu artinya apa ya ? Tetapi dana blm masuk

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf mba, saya tidak mengerti maksud mba fifi... coba dijelaskan secara detail, pengajuan pencairan dana sudah sampai tahap apa? apa sudah selesai tahap verifikasi datang ke cabang dan sudah dapat tanda terima untuk pencairan dana?

      saldo apakah yang dimaksud? saya tidak mengerti. apakah saldo di aplikasi bpjstk atau saldo di rekening bank anda mba?

      Delete
  70. Maaf sya mau nnya saya sudah e-klaim tpi balasan nya begini , Belum memenuhi persyaratan, karena Belum melampirkan tanda bukti lapor dr Disnaker, Silahkan apply ulang e-klaim, scan tanda bukti ke disnaker bersamaan dgn s ket kerja dlm 1 file) & memilih BPJSTK terdekat . maksudnya gmn yaa? Sya harus bagaimana

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bantu jawab ya mba, untuk yg resign per 1sep15 memang harus melampirkan surat legalisir dri disnaker, pengalaman saya surat dikeluarkan oleh perusahaan kpd disnaker cc bpjs. Saya bawa surat dan copynya kedisnaker utk dicap. Semoga membantu

      Delete
  71. Permisi boleh tanya, saya mau mencairkan dana bpjs karena saya sudah mengundurkan diri dari perusahaan saya, nah saya sudah coba e-klaim dg semua persyaratan. Saya mendapatkan email balik kalau harus menggunakan e ktp, saya hanya punya ktp resmi biasa yg diterbitkan oleh kecamatan saya jg. sementara ektp di tempat/kecamatan saya mesin pencetaknya sedang bermasalah. Ada solusi untuk masalah sayakah? Apakah dg ktp biasa & sim c bisa buat pengambilan dana bpjs cab surakarta

    ReplyDelete
  72. Permisi boleh tanya, saya mau mencairkan dana bpjs karena saya sudah mengundurkan diri dari perusahaan saya, nah saya sudah coba e-klaim dg semua persyaratan. Saya mendapatkan email balik kalau harus menggunakan e ktp, saya hanya punya ktp resmi biasa yg diterbitkan oleh kecamatan saya jg. sementara ektp di tempat/kecamatan saya mesin pencetaknya sedang bermasalah. Ada solusi untuk masalah sayakah? Apakah dg ktp biasa & sim c bisa buat pengambilan dana bpjs cab surakarta

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai mas,coba saja ditanyakan ke petugasnya ya.. Setahu saya pakai e-ktp agar databasenya terintegrasi.

      Delete
  73. siang mba, mw tanya nih e-klaim sy di tolak karena alamat KTP yg berbeda dengan yg didaftarkan sebelumnya
    mohon pencerahan
    thanks

    ReplyDelete
  74. Mba sy mau tnya kn sy punya krtu bpjs ny lbh dr 1 krn wkt itu smpt krj d 2 perusahaan..klo mau klaim lewat online bisa g y sekaligus dua duany diklaim gt..gmn y mba?mhn bntuanny

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai mba Winda, bisa, dengan melampirkan surat keterangan kerja yang terakhir saja. Dengan syarat dua-duanya harus sudah tidak aktif ya..

      Delete
  75. Mba sy mau tnya kn sy punya krtu bpjs ny lbh dr 1 krn wkt itu smpt krj d 2 perusahaan..klo mau klaim lewat online bisa g y sekaligus dua duany diklaim gt..gmn y mba?mhn bntuanny

    ReplyDelete
  76. Sy kok g bisa2 y mbk???sy gagal d buku tab pdhl ukuranny udh kcl 300kb pdhl itu kan mpe 1.8mb kan

    ReplyDelete
    Replies
    1. bantu jawab, kemarin tanggal 17 Feb saya coba e-klaim dan smengupload semua data kecuali buku tabungan. jadi kalau memang tidak diupload gak papa karena setelah itu dihari yang sama setelah upload dokumen e-klaim saya langsung dapat email notifikasi, data telah tersimpan dan kemudian tidak lama data approve pengajuan e-klaim

      Delete
    2. Hai mba Istha, kalau terlalu kecil juga mungkin tidak bisa..

      Trima kasih mba Veronica atas bantuan jawabannya, tapi tidak semua cabang menerima susulan buku Tabungan, jadi saran saya untuk mba Istha, tetap saja dicoba upload yaa..

      Delete
  77. izin tanya mba. klo kartu jamsostek hilang. solusi bikin surat khilangan dr kepolisian,dan sy sdh bwt di kepolisian. trus gmna caranya saya bisa e-klaim , semntara ada kolom yang harus di isi (no kpj :...........)dan sy tdk hapal no KpJ nya.dan kebetulan selama ini sy tdk pernah menrima rincian saldo jamsostek dr perusahaan maupun dr jamsostek.trmks sblumya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai mas/mba Unknown, sayang sekali kalau kita sebagai pekerja tidak memperhatikan nomer KPJ kita karena sangat penting. Jika kartu jamsostek hilang harus membawa bukti lapor kehilangan dari polisi. Saran saya, tanyakan kepada kantor lama anda mengenai nomer KPJ anda.

      Terima kasih

      Delete
  78. saya Dudy : izin tanya mba. klo kartu jamsostek hilang. solusi bikin surat khilangan dr kepolisian,dan sy sdh bwt di kepolisian. trus gmna caranya saya bisa e-klaim , semntara ada kolom yang harus di isi (no kpj :...........)dan sy tdk hapal no KpJ nya.dan kebetulan selama ini sy tdk pernah menrima rincian saldo jamsostek dr perusahaan maupun dr jamsostek.trmks sblumya..

    ReplyDelete
  79. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mba ada beberapa hal yang saya ingin tanyakan,

      1. yang dimaksud dengan aktif dan tidak aktif kartu BPJS Ketenagakerjaan itu apa ya ? dan saya sudah bikin profil di BPJS Ketenagakerjaan semua data saya sudah lengkap namun ada beberapa yang masih saya pertanyakan..jika saya membuat profil dan data saya lengkap itu artinya kartu BPJS saya aktif atau tidak ?

      2. saya mencairkan BPJS lewat E-KLAIM mba, namun disini saya menemukan kejanggalan..saya baru 2 bulan habis kontrak tapi dialasan E-KLAIM saya harus pilih yang mana ya mba soalnya ga ada alasan yang habis kontrak ( ini lewat e-Klaim )

      ~Trims semoga dijawab ^^

      Delete
    2. Supaya gak ribet menurut pengalaman saya...mba ikut pilihan mengundurkan diri saja mba....karna persyaratan nya gak ribet....dan alhamdulillah saya tinggal nunggu transferan aja lagi

      Delete
    3. Asal mba konfirmasi ke perusahaan mba untuk nonaktifkan kpj nya...sebulan setelah berhenti sudah bisa di proses....

      Delete
    4. Hai mas Azmi, sudah dibantu jawab ya oleh mba Rosse.

      Mba rosse, terima kasih telah membantu menjawab :)

      Delete
  80. Mau nnya mba ... eklaim saya sudah d rekam /disimpen bpjs dan disuruh menunggu paling lama pukul 19.00 hari kerja berikut nya ... tp dah hampir 4 hari saya blm dpt email blsan dr bpjs .. mohon penjelasan nya mba . Mkasih

    ReplyDelete
  81. Mbak2...aku penasaran nih, kan tgl 17 Februari aku ngajuin e-kalim dan di approve lalu tgl 23 februari dateng deh ke BPJSnya dgn bawa semua dokumen lalu endingnya disuruh foto kan, eh terus selang 1 jam dapet email dari e-klaim kalo e-klaim ditolak -NAH LOOOO- bingung dah.... tapi next morning aku cek saldo PBJS udah nol dan status pengajuan - klaim sudah siap bayar-, nah dari status ini sampai dana diterima kira2 berapa lama ya mbak?

    thanks in advance

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai mbak veronica, silahkan hubungi langsung kantor cabang untuk menanyakan penyebabnya :)

      Delete
  82. Mau tanya mbak, kalo mau mau cairin eklaim surat keterangan yang dari PT lama itu harus di legalisir ke depnaker ya mba

    ReplyDelete
  83. Mbk maw nanya.. kmrinkan aq mengajukan eklaim dan dpat balasan klo berkas belum lengkap..silahkan ulangi pengiriman data.. jd aq ulangi lagi hari jumat dan dapat email permohonan segera diproses tunggu konfirmasi dua hari kerja selanjutnya paling lambat pukul 19.00.... Tp dah 3 hari blum ad balasan...gmn klo bgtu mbk.tolong infonya.. dan apakah klo sabtu minggu bpjs tdk memproses dan baru diproses hari senin ya mbk?jd aq coba eklaim lagi tp keterangannya "data tersebut sudah pernah diinput"

    ReplyDelete
  84. Mbk maw nanya.. kmrinkan aq mengajukan eklaim dan dpat balasan klo berkas belum lengkap..silahkan ulangi pengiriman data.. jd aq ulangi lagi hari jumat dan dapat email permohonan segera diproses tunggu konfirmasi dua hari kerja selanjutnya paling lambat pukul 19.00.... Tp dah 3 hari blum ad balasan...gmn klo bgtu mbk.tolong infonya.. dan apakah klo sabtu minggu bpjs tdk memproses dan baru diproses hari senin ya mbk?jd aq coba eklaim lagi tp keterangannya "data tersebut sudah pernah diinput"

    ReplyDelete
  85. haiiii mbak karin ..


    tulisan nya sangat sangat membantu sekali ..
    dan alhamdulillah, pagi aku apply buat e-claim, siang ini udah dpt email persetujuan.
    brrti tahap selanjutnya tinggal ke kantor cabang deh.

    sooooo, thanks yaaaaa embaaak karinnnn *muah

    ReplyDelete
  86. Halo ada yg bisa bantu jawab ga? Saya sudah ajukan eklaim lalu dpt balasan seperti ini

    "Belum memenuhi persyaratan, karena Silahkan datang ke Kantor Cabang Tangerang Cikokol dengan membawa seluruh berkas lengkap (asli dan fotokopi) serta buku tabungan yang masih aktif. Untuk selanjutnya menunggu verifikasi data oleh  Kantor Cabang Tangerang Cikokol dengan menunjukan bukti pengajuan eklaim."

    Mungkin ada yg punya pengalaman sama, ini maksudnya ikut antrian normal yg pagi2 itu atau bagaimana ya? Terimakasih sebelumnya

    ReplyDelete
  87. Halo ada yg bisa bantu jawab ga? Saya sudah ajukan eklaim lalu dpt balasan seperti ini

    "Belum memenuhi persyaratan, karena Silahkan datang ke Kantor Cabang Tangerang Cikokol dengan membawa seluruh berkas lengkap (asli dan fotokopi) serta buku tabungan yang masih aktif. Untuk selanjutnya menunggu verifikasi data oleh  Kantor Cabang Tangerang Cikokol dengan menunjukan bukti pengajuan eklaim."

    Mungkin ada yg punya pengalaman sama, ini maksudnya ikut antrian normal yg pagi2 itu atau bagaimana ya? Terimakasih sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pakai antrian e-klaim saja mba, jangan lupa bawa print email pemberitahuannya :)

      Delete
  88. Saya mau tanya..klo uda dpt blsn dan untuk memastikan tdk sdng bekerja diperusahaan manapun..saaya di surh datang ke kntor cabangnya lg .. tp dstuny tgl lhr saya salah..itu gmna ya mba mas.. trus klo mau download form f5nya dmn ya?

    ReplyDelete
  89. Hi mba karin..aku sudah terima notif untuk rekam data eklaimnya..cuma baru ngeh kl Kk yg saya upload itu fotocopy nya....kira2 bermasalah gak ya. Kl misal ada yg kurang datanya atau ada yg salah,apakah d kasih tau juga via emailnya? Mksh mba.

    ReplyDelete
    Replies
    1. tidak apa-apa upload fotokopinya, asalkan semua bagian jelas yaa

      Delete
  90. Mba, boleh minta format surat pengunduran diri dari perusahaan yang dicap depnaker dan di tembuskan ke bpjs ketenagakerjaan kah ke email winz91@gmail.com soalnya perusahaan tempat saya bekerja tidak mau memberikannya dengan alasan tidak pernah membuat surat semacam itu ? Terima kasih sebelumnya.

    ReplyDelete
  91. Mba mau tanya kalo KK adanya fc gmna ya...mslahnya KK yg asli baru di perbarui ataupun di perbaiki oleh pihak kelurahan setempat..kira kira bisa gg ya mba pake fc KK ny aj...mohon pencerahanya

    ReplyDelete
  92. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  93. Bantu jawab ya mba..
    Suratnya sm seperti surat parklaring hanya saja ditujukan utk disnaker tmpt persh mba berada . Atau bs jg dibawa surat parklaring dan minta distempel ke disnaker (teman saya ada yg hny menggunakan surat parklaringnya dan berhasil).

    ReplyDelete
  94. Mba. Saya klaim JHT di bogor. peraturan baru di sini kalau eklaim harus buka tab bjb. dan penerimaan claim juga di CS bjb.
    Yg mau saya tanyakan. penutupan dana JHT di hari yg sama...... apakah bisa si A dana cair lebih cepat dari pada si B?
    padahal mengurusnya bersamaan?

    was was nih mba.... dana ku koq blm cair2 ya. pdhl katanya 3-7 hr kerja. thx sblmnya

    ReplyDelete
  95. MBAK..MAU NANYA INI SAYA PROSES eKLAIM DILAPTOP...SAYA SUDAH MASUK KE PROGRAM eKLAIM TAPI PAS MAU ISI BARIS ALASAN KLAIM KOK GAK BISA DIKLIK YA? GAK BISA BUKA GITU..KNP YA MBAK? PADAHAL YG LAIN BISA..JADI AKU GAK BISA LANJUT PROSES

    ReplyDelete
  96. Halo mbak,saya mau tanya untuk antrian bpjs mana di jkt yg sedikit antriannya?karena liat postingan yg lain bila sudah e-klaim tidak bisa rubah cabang bpjs nya.trims balasannya

    ReplyDelete
  97. Halo mbak,saya mau tanya untuk antrian bpjs mana di jkt yg sedikit antriannya?karena liat postingan yg lain bila sudah e-klaim tidak bisa rubah cabang bpjs nya.trims balasannya

    ReplyDelete
  98. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  99. Klo pnya 2 no kpj,bsa gak lewat eklaim sekaligus.

    ReplyDelete