E-Klaim BPJS Ketenagakerjaan (Jamsostek) - Part 1

Hai all, berhubung di kantor gabisa upload foto-foto liburan, dan rencanannya my travel blog will be more flexible and simpler (ditunggu saja perubahannya ya! hehehe)... maka hari ini saya mau share tentang proses E-Klaim BPJSTK (most of us lebih kenal dengan kata Jamsostek).

Secara singkatnya, saya resmi resign dari kantor lama saya pada July 2015, dan sebenernya gak kepikiran sama sekali tentang Jamsostek, tapiiii..karena namanya juga anak muda penuh ketidakstabilan finansial, saya jadi tergoda untuk mencairkan dananya..

Namun karena saat saya resign sedang kisruh peraturan mengenai BPJS TK ini, tadinya urung, karena percuma saja kalau saya cuma bisa ambil 5-10%, sedangkan saya juga baru 3 tahun bekerja..saldonya tidak begitu banyak lah..

Rezeki oh rezeki
Tidak saya duga sebelumnya bahwa per 1 September 2015, katanya untuk kita yang mengundurkan diri bisa mencairkan dana 100%! *yippeeeey* *menatap nanar e-JHT jamsos*

Rencana awal adalah mau ngantri di kantor BPJS TK terdekat, tapi denger-denger katanya ngantrinya panjang banget.....sampai akhirnya denger kata "e-Klaim".. aduhhh seneng banget denger yang ada "e-e-e"nya hahaha... secara saya bikin paspor juga pake e-pass Imigrasi, jadi lebih efisien waktu... let's see...

Browsing sana-sini, banyak yang bilang e-Klaim mudah, ada juga yang bilang e-Klaim error terus. Tapi tanpa pantang menyerah demi modal kawin *eh*, kita coba aja, sekalian juga nanti coba tetap antri di kantor BPJS TKnya.

Persiapan
Apa sih yang harus disiapkan? Sebaiknya kita punya akun online BPJS TK (appsnya juga bisa didownload disini) supaya nantinya saldo dan klaim kita bisa di track. Syaratnya hanya nomer kartu Jamsostek, nomer KTP, nomer telepon dan alamat Email. Setelah kita punya akun BPJS TK/Jamsostek, kita siapkan semua dokumen untuk upload, sebagai berikut:

  • Surat pengunduran diri (saya pakai surat keterangan kerja dari HR)
  • Surat keterangan kerja dari HR
  • KTP
  • KK
  • Kartu Jamsostek (sekarang kartu BPJS TK, waktu 2012 kartu saya masih Jamsostek)
  • Halaman pertama buku tabungan
Semua discan/difoto dengan baik dan jelas dengan minimum size 100kb dan maksimum 1.8mb

Pelaksanaan
TIPS: Sebisa mungkin akses ke website BPJS TK/Jamsostek ini pagi atau siang hari, sama seperti e-paspor, webnya sering gagal akses/gagal upload kalau sudah sore hari (jam kerja server seperti jam kerja PNS? hehehehe) 

Setelah sudah disiapkan semua, masuk ke halaman e-klaim pada website BPJS TK, sebagai berikut: https://es.bpjsketenagakerjaan.go.id/eklaim/

Lalu akan muncul tampilan sebagai berikut, silahkan diisi, nomer KTP harus sama dengan yang didaftarkan pada saat daftar BPJS TK/Jamsostek

Tampilan E-Klaim BPJS TK

Jika sudah selesai pengisian, silahkan klik "Proses", pastikan alamat email dan nomer handphone aktif karena notifikasi PIN dan informasi lainnya akan dikirimkan melalui email dan sms.

Setelah itu akan dilanjutkan ke halaman berikutnya, yaitu proses pengisian data yang lebih detail, yaitu:

1. Pemilihan cabang BPJS TK yang kita mau
2. Masukkan PIN yang telah dikirimkan melalui sms/email (bukti konfirmasi jika kita valid)
3. Pengisian detil rekening bank yang akan menerima pencairan dana JHT kita (nama akun bank harus sama dengan nama kita)
4. Proses upload data, semua data yang diminta harus disubmit dengan kriteria yang sudah kita siapkan sebelumnya.
5. Klik/Tekan "Simpan"

Jika kita sukses melakukan upload, maka setelah kita tekan/klik "Simpan" akan ada notifikasi "data sudah simpan, cek email ada untuk informasi lebih lanjut".

Saya menerima informasi bahwa data sudah sukses terupload seperti berikut:

E-mail notifikasi dari E-Klaim BPJS TK


UPDATE:

Hai, All! Dengan hit rata-rata 300-1000 perhari, saya cukup kewalahan juga untuk menjawab semua email dan komen yang ada tentang proses e-klaim BPJS TK. Jadi  harap teman-teman membaca baik-baik postingan blog saya dari part 1 sampai 3 dahulu, baru menanyakan komentar. Dan juga saya tambahkan beberapa FAQ yang jika sudah ada di FAQ, maka saya tidak akan reply komentarnya :D

1.       T: KTP saya wilayahnya berbeda dengan cabang BPJSTK/Jamsostek kantor, harus klaim dimana?
J: Kamu bisa klaim dimana saja, karena data BPJSTK sudah online semua ke cabangnya.

2.       T: Saya sudah submit, tapi belum dapat email balasan, bagaimana nasib saya?
J: Saran saya, sabar saja menunggu sampai kira-kira satu-dua minggu, jika memang belum dijawab, silahkan telepon cabang tempat anda mengajukan e-klaim. Proses e-klaim saat saya mengajukan adalah dimana e-klaim belum banyak digunakan oleh masyarakat, tapi saat ini dengan pengunjung blog saya yang meningkat drastis hanya karena postingan saya tentang e-klaim, pastinya traffic pengaju e-klaim juga meningkat di BPJSTK. Saran saya, SABAR. Hehehe

3.       T: Saya sudah dapat email notifikasi untuk datang ke cabang membawa syarat-syarat dan formulir F5, tapi formnya tidak bisa didownload. Harus bagaimana?
J: Form F5 bisa diisi ulang kembali secara manual di kantor cabang, minta saja blangko/form F5 kosong kepada petugas.

4.       T: Saya tidak bisa daftar klaim/daftar bpjstk/submit data e-klaim/upload dokumen. Kenapa?
J: SEJUJURNYA, saya tidak tahu kenapa, karena saya BUKAN petugas/karyawan BPJSTK. Saran yang dapat saya berikan adalah: cek kembali semua data yang akan disubmit, kalau bisa akses web dengan menggunakan laptop/komputer, bukan handphone. Siapkan semua data sesuai dengan syarat –syarat, gunakan browser terbaru, jangan gunakan Internet Explorer.  Cek kembali juga ke perusahaan tempat anda bekerja sebelumnya mengenai penonaktifkan nomer KPJ anda dan INGAT, anda baru dapat submit e-klaim setelah 30 HARI RESIGN/PHK/PUTUS KONTRAK.

5.       T: Yang diupload itu fotokopi atau asli?
J: Tentu saja yang asli. Nanti kalau sudah diterima pengajuannya, silahkan fotokopi yang asli dan dua-duanya dibawa untuk diverifikasi oleh petugasnya.

6.       T: Saya belum ditransfer nih, kenapa ya?
J: Saya tidak tahu, hehe. Karena saya bukan bagian finance dari BPJSTK. Dan ditambah dengan banyaknya pengaju klaim BPJSTK, saya yakin transferan anda masih dalam antrian. SABAR saja! 

3.       T: Saya ingin submit e-klaim ulang atau tukar cabang apakah bisa?
J: Secara sistem tidak akan bisa, tapi jika anda kekeuh, silahkan telepon call center BPJSTK.

XOXO,

150 comments

  1. rin, ini bedanya apaan?

    Surat pengunduran diri (saya pakai surat keterangan kerja dari HR)
    Surat keterangan kerja dari HR

    yang paklaring yg mana rin?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Monieee.. sepengetahuan aku, yang surat pengunduran diri itu sama surat keterangan kerja dari HR atau paklaring sih sama saja, sebenernya harus juga pakai surat keterangan kerja/surat pengunduran diri dari HR yang dilaporkan ke disnaker, jadi ada tembusan ke BPJSTK di suratnya, nah gue gak punya tuh yang itu, jadi semuanya pake satu surat keterangan kerja dari HR dan alhamdulillah bisa kok...

      Delete
  2. kalau resign sebelum tgl 1 sept 2015 kalau ga salah ga perlu surat yg disnaker

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Radityo Adji, saya tidak tahu apakah perlu atau tidaknya, namun, di kolom upload surat keterangan kerja dari disnaker tetap wajib diupload (namun saya pakai surat keterangan kerja dari HR saja, karena memang tidak punya yang untuk disnaker).

      Delete
    2. @Radiyo Adji ga usah pake surat ke disnaker, upload aja Surat Keterangan Kerja. :)

      Delete
    3. Thanks Dedi untuk membantu menjawab :)

      Delete
  3. Hello, aku mau tanya deh, kok mau e-klaim dibilang "hanya untuk tenaga kerja non aktif"? Padahal aku resign 21 september 2015. Dan HRjuga uda confirmed kalau sudah stop iuran dllnya. Form 1B nya bahkan sudah dikasi ke aku. Hik harus datengin kantor BPJS nya saja dong ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Putry, teman-teman aku juga banyak yang statusnya "untuk tenaga kerja non-aktif", sepertinya di sistem BPJS belum masuk untuk proses resign kamunya. Kalo menurut aku, selain coba terus untuk upload setiap hari (akhirnya teman saya bisa juga), kamu bisa ke kantor BPJSnya, tapi coba saja disearch untuk kantor-kantor cabang yang tidak begitu ramai agar prosesnya cepat. :)

      Delete
    2. berapa lama kira2 nunggu proses resign BPJSnya?

      Delete
  4. Mba apakah untuk upload data2nya harus bewarna atau boleh grayscyle seperti pengajuan dokumen untuk e-passport ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. datanya tidak usah grayscale seperti e-passport, namun harus memenuhi resolusi yang diminta dan tidak melebihi size yang ditentukan :)

      semoga membantu :)

      Delete
  5. yg resign sebelum tgl 1 sept bisa ga ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai unknown, bisa dibaca kembali, saya kebetulan resign bulan Juli :)

      Delete
  6. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  7. Aq mao tanya dong..aq sudah upload semua persyaratannya dan sudah dapat email konfirmasi untuk menunggu persetujuan. Di email itu dibilang akan ada email kembali hari berikutnya kan? Tapi sampai sekarang aq ga dpt email apa2 lagi dan itu sudah sekitar sebulan yg lalu. Itu gimana ya??
    Thx

    ReplyDelete
    Replies
    1. hallo mba dwi, sebaiknya menelepon cabang yang mbak pilih untuk e-klaim, karena cepat atau lamanya tergantung petugas di tiap cabang yang memeriksa pengajuan e-klaim.

      semoga membantu :)

      Delete
    2. This comment has been removed by the author.

      Delete
    3. Ohh.iya mbak..aq udh tlp dan ternyata ga bisa cair krn posisi aq masih bekerja. Padahal yg ingin aq cairkan itu bpjs dikantor lama. Memang peraturannya begitu kah?

      Delete
    4. hai mba dwi, kalau sudah bekerja di kantor baru lebih dari 3 bulan dan sudah di daftarkan jamsostek/bpjs tk di kantor yang baru memang tidak bisa mengajukan klaim (nomer ktp terdeteksi masih aktif bekerja).

      untuk klaim kantor lama tidak dapat dicairkan, mba harus juga resign dari kantor baru baru dapat dicairkan.

      Delete
  8. permisi mau tanya yah,
    surat keterangan kerja itu sama nggak dengan kontrak ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai mas herly, setahu saya bisa dipakai, asalkan jelas periode kerja dari awal hingga akhir kontrak.

      namun sekiranya mas bisa konfirmasi ke cabang yang ingin ada ajukan permohonan eklaimnya, supaja lebih jelas.

      semoga membantu ^_^

      Delete
  9. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai amar, boleh tau kenapa ga bisa di download?? saya ga bisa kasih liat print outnya karena itu isinya data pribadi dan jumlah dana kita yang akan dicairkan.

      kamu sudah coba di browser lain untuk downloadnya?

      Delete
  10. kaaa.. ko aku mah engga bisa buka yang file yang mwsti di download yang tertera di email.. boleh liat ka formulirnya? aku mau printout, soalnya engga bisa ngajuin e-klaim lagi kan..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai amar, boleh tau kenapa ga bisa di download?? saya ga bisa kasih liat print outnya karena itu isinya data pribadi dan jumlah dana kita yang akan dicairkan.

      kamu sudah coba di browser lain untuk downloadnya?

      Delete
  11. Brio, saya sdh ikutin e klaim , dan sdh dapat pesan proses disimpan dan silahkan cek email...kok belum sampai juga ya ke email saya ? Apa mmg makan waktu sd besoknya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai mas deddy, memang memakan waktu beberapa hari, silahkan ditunggu saja, jangan lupa hubungi cabang jika belum ada tindak lanjut.

      Delete
  12. Mba saya dh 3x coba buat akun tapi ko ga dpt notif email buat pin nya ya? Adanya via sms, tapi pas coba dimasukin gagal. Katanya pake nya notif pin yg dikirim ke emali,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai kentang, waktu itu saya masukkan PIN yang dikirim melalui SMS kok, dan kebetulan saat saya buka e-mail, PINnya sama persis dengan yang di SMS. Jadi untuk problem kamu, saya kurang bisa membantu. Silahkan hubungi call center/cabang.:)

      Delete
  13. apakah ada yang tau kenapa pada saat klik untuk mengupload data/dokumen tapi tidak bisa2 ya? tidak ada perubahan apa2 saat di klik. kenapa ya? jd pusing euy

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo, apakah semua data sesuai format dan sizenya?

      Thanks

      Delete
  14. Bu, surat keterangan kerja itu samakan sama surat pengalaman kerja.

    ReplyDelete
  15. Mba mau tanya dong, itu formulir F5 dapet darimana?...kok di webnya gak ada ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai, maaf, maksudnya bagaimana ya? Kalau form F5 akan dikirimkan setelah berhasil melewati proses verifikasi e-klaim. Jika proses anda manual, form F5 bisa didapatkan dengan cara isi langsing di cabang.

      Terima kasih

      Delete
  16. Itu di upload nya yg asli semua gpp ... ??? Ga pake yg fotocopy nya ...

    ReplyDelete
  17. halo mba, aq coba daftar e klaim, yang lain bisa terisi..tetapi pilihan untuk alasan klaim kok gk muncul ya? kira" knp y?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo mba/mas dhena, coba di cek browser dan koneksi yang dipakai :)

      Delete
    2. maksudnya browser dan koneksi nya bagaimana...?

      Delete
  18. Halo karin mau tnya,surat keterangan kerja itu isinya menerangkan kalau kita uda resign dari kantor terakhir kan,atau pake paklaring aja,dan aku kan kerja di 3perusahaan aku jg uda pake saldo gabungan nah paklaring yg aku uplod yg mana donk ,,please jwb

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo mba Gita, paklarin diupload yang terakhir saja, tapi nanti dibawa semua kalau sudah berhasil dan diminta datang ke kantor bpjstknya :)

      Delete
  19. hello, terimakasih blognya sangat membantu. tetapi ketika saya klik "proses" ada tulisan "klaim ini harus dilakukan oleh tenaga kerja N/a" Maksudnya apa ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai mba Melati, kalau status kita tenaga kerja NA harus menunggu kantor lama anda menonaktifkan bpjstk anda, dan juga jangan lupa untuk menunggu 1 bulan setelah resign baru bisa apply pencairan dana e-klaim :)

      Delete
  20. mba tolong informasinya,,,klo abis isi data di e klaim bpjs ,balasan dari bpjs kira - kira kapan ya,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seharusnya 1-2 hari kerja, tapi tergantung antrian aplikasi yang masuk juga di kantor cabang :)

      Delete
  21. Mba mohon informasinya, saya sudah dapat jadwal pencairan BPJS di cabang rawamangun tetapi saya ada keperluan di medan. Apakah saya bisa mencairkannya di medan? Terima Kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo mas, tidak bisa, harus di Rawamangun, coba mas telepon cabang rawamangun saja untuk reschedule kedatangan atau dipindahkan ke medan (jika bisa). Semoga membantu :)

      Delete
  22. Hai mbak kalo punya no bpjs 2 gimana ngisinya untuk proses pendaftaran?? Trimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. silahkan satu-satu saja pengajuannya mas, kalau download aplikasinya nanti akan terpisah per nomor kartu. :)

      Delete
  23. hai mba karin mau tny, sya pernah nanya
    di cbg2 bpjs di itc ktny antri sampai bulan maret klo utk ambil frmlr di cbg bpjs itu nah yg sya tny sya kan udh dftr lwt eklaim berhasil dan disuruh menunggu? apa kah menunggu lama nya itu saya dg kita ambil antrian di cbg langsung ya mba? krna hmpr 3bln nunggu klo dicbg

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau sudah daftar e-klaim, antri ke cabang berbeda dengan antrian biasa, minta ke bapak satpam/cs untuk antrian e-klaim. :)

      Delete
  24. Mau tnya dong kan saya udh dpt email dan d bawahnya begini...
    Telah berhasil direkam dan sedang dalam proses persetujuan BPJS Ketenagakerjaan Kantor Cabang BEKASI CIKARANG.
    Mohon menunggu pemberitahuan selanjutnya, paling lama pukul 19.00 WIB hari kerja berikutnya.

    Itu mksd nya kita nubggu jam 19.00 mlm ini setelah dpt email itu apa nunggu jam 19.00 hari berikut nya ya... Pencerahan nya dong

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai mba devi, maaf saya telat balas, iya harus menunggu sampai hari kerja berikutnya. Tapi jika belum dibalas juga, bisa langsung telepon ke cabang bekasi cikarang langsung untuk memastikan status e-klaimnya. Thanks

      Delete
  25. Mau tanya uda berhasil proses E-klaim tp belum dapet-dapet email balasan.. Itu kira-kira berapa hari ya dpt email balasan kalo sudah proses e-klaim berhasil di simpan? Mohon infonyaa ..

    ReplyDelete
  26. mba mau tanya aku udh smp proses pengisian data tp kok ga bisa upload data ya. mohon bantuannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf Anggie, kalau boleh tau kamu pakai browser apa dan apakah sudah benar semua size dokumennya?

      Delete
  27. Mbaa saya mau nanya kok.. gagal terus tiap mau proses di eklaim pasti tulisannya data ektp tidak valid padahal yg dimasukan no ektp sesuai kok sama ektp.. kok kayak yg dipersulit yah mba ..mohon bantuannya yaa trmksh..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai mba Lina, apa pada kartu KPJ data ktpnya masih yang lama? kalau iya coba pakai nomer ktp lama saja :)

      Delete
  28. Halo mba, terima kasih untuk sharingnya. Saya sudah coba dan berhasil untuk upload. Dan ada email notifikasi bahwa telah berhasil direkam. NAMUN, tidak lama saya dapet email balasan, bahwa claim saya belum bisa diajukan karena saya masih aktif terdaftar sebagai pekerja aktif. Saya belum beruntung. Sebagai info saya ada 3 akun bpjs tk. 2 akun sudah non aktif.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai mba, harus non aktif semua baru bisa mengajukan e-klaim, jika sampai saat ini masih aktif maka tidak bisa diambil semua. Sepengetahuan saya bisa diambil hanya sebagian tapi bukan melalui e-klaim prosesnya. :)

      Delete
  29. malam mba, saya mau tanya untuk upload dokumen nya kalau yg seperti "fotokopi kk dengan menununjukan yang asli" itu saya upload 2 file (fotokopi dan asli) atau saya uplod yg asli saja?

    ReplyDelete
  30. Maaf mba dian mau tanya kenapa pada form e klaim TK ada kolom no kpj,email dan no hp sama alasan kok gak bisa di isi itu kenapa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai mba dian, maaf sekali aku kurang mengerti, tapi kalau bisa jangan melalui handphone/tablet dan juga harap menggunakan browser yang terbaru ya untuk aksesnya. :)

      Delete
  31. Ka aku mau tanya. Aku kan udah daftar. Pas isi form upload gagal terus. Terus pin nya yang dikirim via email dan sms gabisa diisi.
    Itu gimana ya caranya ka. Memang ga boleh isi lewat hp ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai vera, kalau bisa dari komputer desktop/laptop ya, saya juga coba dari hp tidak bisa akhirnya dari komputer baru bisa :)

      Delete
    2. Kaka terimaksih. Aku sudah dapet konfirmasi ka dari bpjsnya. Aku kirim sabtu. Senin pas aku cek email Ada balesan. Aku suruh datang ke kantor bpjs tersebut 7 hari setelah email tersebut. Aku terima senin 25 januari 2016. Lalu aku ke kantor cabangnya senin atau hari apa ya mba. Aku takut salah soalnya

      Delete
    3. Hai vera, bukan 7 hari setelah email kamu baru datang, tapi dalam rentang waktu 7 hari, kamu harus ke cabang.

      Delete
  32. Proses eclaim itu brp lama ya mba setelah data2 yg ada kita upload ke website?? Mulai dari email konfirmasi perekaman sampai email konfirmasi pencairan..

    ReplyDelete
  33. Mba karin saya bekerja di 3 perusahaan , baru saja saya resign tgl 31 des , dan saya mengajukan e-klaim dgn memasukan no kpj slh satu prusahann yang resign sdh lama , tgl 15 jan saya sdh berhasil dpt balesan rekam e klaim ..hingga saat ini blm ada balesan di terima atau di tolak , apa itu ngaruh karena saya belum nunggu 1 bulan ? apa saya boleh mengajukan langsung di cabang lain ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bantu jawab ya.
      Di website nya kan Ada pernyataan, kl mau cairin JHT musti Ada masa tunggu (jeda) 1 bulan Dr sejak resign /phk.
      Ngga ngaruh kalau ajukan Di cabang lain krn datanya nyambung semua. Semoga cepet cair ya.
      Salam

      Delete
    2. Bantu jawab ya.
      Di website nya kan Ada pernyataan, kl mau cairin JHT musti Ada masa tunggu (jeda) 1 bulan Dr sejak resign /phk.
      Ngga ngaruh kalau ajukan Di cabang lain krn datanya nyambung semua. Semoga cepet cair ya.
      Salam

      Delete
  34. Mba mau tnya knp ya pas mau ngisi no perserta muncul halaman tidak di temukan, knp ya ?? Bantu dongss

    ReplyDelete
  35. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  36. mba mau nanya, kenapa ya setelah saya mengisi eklaim trus klik proses, kembaii ke form kosong eklaim dan terdapat tulisan silahkan hubungi kantor cabang terdekat ? saya belom mendapat notif pin lewat sms atau email juga

    ReplyDelete
  37. Nyo,
    Mau tanya, jumlah yang kamu terima kena pajak ngga? Kalo Ada, berapa %?

    Trims

    ReplyDelete
  38. Nyo,
    Mau tanya, jumlah yang kamu terima kena pajak ngga? Kalo Ada, berapa %?

    Trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. dear July, kebetulan aku tidak kena pajak karena baru sekali melakukan proses klaim dan diambil 100% dananya. Tapi menurut teman yang sudah pernah mengambil saldo karena sudah 10 tahun kerja, untuk pengambilan selanjutnya akan dikenakan pajak.

      Delete
  39. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  40. Siang, file yg di upload itu yg foto copy atau yg aslinya? Terima kasih

    ReplyDelete
  41. Pagi mba,,sya udh brkli2 cba e-klaim bpjs tp ko susah ya gk msuk2_skli ny bsa dta yg sperti mba upload d atas gk bs sy isi no tlpn smpe k bwah ny,,mhon pencerahan ny ya mba,udah hmpir 2 mnggu ggl trus

    ReplyDelete
  42. Pagi mba,,sya udh brkli2 cba e-klaim bpjs tp ko susah ya gk msuk2_skli ny bsa dta yg sperti mba upload d atas gk bs sy isi no tlpn smpe k bwah ny,,mhon pencerahan ny ya mba,udah hmpir 2 mnggu ggl trus

    ReplyDelete
    Replies
    1. Emk gtu mba susah, ak juga coba berkali2 gak bisa trus akhirnya saya coba minggu subuh, akhirnya bisa tapi hrus d tunggu agak lama biar bisa di klik

      Delete
    2. Saya tulisannya tipe file tidak diperbolehkan.. Gimana yaa ? Bisa bantu jawab?

      Delete
    3. This comment has been removed by the author.

      Delete
  43. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  44. saya sudah registrasi pas saya klik proses, muncul notif "Klaim ini harus dilakukan oleh Tenaga Kerja NA" maksudnya gimana ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bantu jawab, Tenaga kerja NA itu Tenaga kerja Nonaktif.. Jadi dalam sistem BPJS Ketenagakerjaan anda belum dinonaktifkan. Silahkan menghubungi Perusahaan lama atau BPJS terdekat agar segera menonaktifkan kepesertaan ..

      Delete
  45. Maaf mau tanya gimana cara e-klaim dengan memiliki 2 kartu jamsostek, kartu jamsostek yg pertama berhasil direkam, tpi yg ke 2 tdk bisa, keterangan yg muncul "Klaim ini harus dilakukan oleh tenaga kerja NS

    ReplyDelete
  46. Maaf mau tanya saya udh eklaim lalu blasan kedua nya kya gini "Belum memenuhi persyaratan, karena Belum melampirkan tanda bukti lapor dr Disnaker, Silahkan apply ulang e-klaim, scan tanda bukti ke disnaker bersamaan dgn s ket kerja (dlm 1 file) & memilih BPJSTK terdekat, saya hrus bgaimana ya?

    ReplyDelete
  47. Mba kariiin makasih banyak atas petunjuknya, krn baca blog ini daya jd ada pencerahan..
    Saya eklaim dan sdh tgl menunggu transfer.
    Pengalaman saya:
    Kesulitan pertama saat submit klik agak lama pada saat pengisian tgl lahir untuk verifikasi ektp,
    menunggu pin (jangan keluar dri browser smp mmendapatkan pin) kemudian upload semua dok dgn tipe file images sesuai batasan kb.
    1 hri kmdian terima email tlh diterima tunggu email berikutnya paling lama jam 19.00 hri kerja berikutnya (kenyataan bru dpt stlh 1minggu)
    Hari verifikasi cm nggu 1 org, sementara antrian manual sudah 100😀
    Thank u mbak kariiin..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih Desdut atas share pengalamannya :)

      Delete
  48. Belum memenuhi persyaratan, karena Sehubungan dengan adanya Maintenance dan Perbaikan Sistem, yang mengakibatkan beberapa Dokumen yang tidak berhasil di Upload, Silahkan anda untuk Mendaftar ulang layanan eKlaim ini, Mohon maaf atas ketidaknyamanan ini,
    alo kayak gni,,knapa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai mba Tita, berarti sedang ada masalah dari jaringannya BPJSTK. Silahkan mengulang proses klaimnya yaa

      Delete
  49. Pd kolom peserta,email,no hp kok gak bisa di ketik ya saya pake hp android

    ReplyDelete
  50. saya melakukan pengisian data yang pertama tapi ko pas d proses gak muncul apa2, malah saya mengulang2 trus pengisian datanya
    setelah cek email cuman dapat passworldnya aja
    mohon bantuan nya
    terima kasih
    alamt e-mail suyyandi@yahoo.co.id

    ReplyDelete
  51. ko setelah mengisi data tenagakeja dengkoplit dan klik proses ko malah muncul Silahkan Hubungi Kantor Cabang BPJS Ketenagakerjaan...maksud gmn tuh???
    mohon bantuan ny.

    ReplyDelete
  52. Mba karin aku eklaim udh hampir tahap ahir tinggal nunggu pin yg dikirim via sms tpi ko ga dikirim2 yah? Kira2 harus nunggu brpa lama?
    Mohon jawabannya ! :)

    ReplyDelete

  53. Ane dapet email kaya gini


    "Belum memenuhi persyaratan, karena Perusahaan anda terdaftar di BPJS Ketenagakerjaan KANTOR CABANG JAKARTA KELAPA GADING sedangkan KTP anda terdaftar di KABUPATEN BOYOLALI

    Silahkan lakukan pengajuan eKlaim di kantor BPJS Ketenagakerjaan sesuai lokasi tempat anda tinggal atau lokasi tempat perusahaan anda terdaftar

    Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi BPJS Ketenagakerjaan Kantor Cabang SERANG di nomor 0254-200794, 210841."

    Bukanya dimna saja bisa ..dan trdekat dari tempat tnggal bisa di cairin

    Ane sekarang di serang...

    ReplyDelete
  54. Mbak mau tanya... saya lagi coba cairkan BPJSTK dengan eklaim, step awal sudah saya lakukan seperti pentunjuknya namun ada tulisan "Klaim harus dilakukan oleh tenaga kerja NA" itu maksudnya apa ya? Saya harus ngapain untuk keterangan itu? Thanks...

    ReplyDelete
  55. Maaf mba'karin... saya mw tanya, pencairan via eklaim wajib melampirkan buku tabungan gk??
    Klo misalkan tidak wajib melampirkan buku tabungan, kira2 bisa di cairkan di kantor bpjstk nya langsung gk???
    Terimakasih....

    ReplyDelete
  56. mba karin, maaf saya mau tanya.
    saya sudah mendaftar melalui eklaim dan sudah mndapat balesan yang isinya:
    belum memenuhi persyaratan.
    soalnya pas ngisi kolom persyaratan yang ga ada itu surat dari perusahaan ke disnaker buat tmbusan bpjs.
    tpi aku isi dngan faklaring.

    tp dlam balasan itu saya, disuruh balik lagi ke kantor cabang bpjs dg mmbawa smua perysratan yg asli dan fotokopi.
    hnya saja tidak ada surat dr perusahaan ke disnaker.


    itu gmna ya mba..
    mohon bntuannya.
    terimakasih...

    ReplyDelete
  57. Assalamualaikum mba, Pengajuan eklaim saya di tolak alasan data yg di oplot kurang jelas..,jika saya langsung datang ke kantor dgn antrian online bisa ngak??

    ReplyDelete
  58. Mba,kartu jamsosetek saya Ada 3,pdhl saya bekerja slama 4 tahun diperusahaan yg sama.bagaimana untuk pengajuan e klaimnya Karena no jamsostek nya berbeda-beda apakah bisa di input disatu e klaim atau beberapa e klaim.mksih

    ReplyDelete
  59. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  60. Mba,kartu jamsosetek saya Ada 3,pdhl saya bekerja slama 4 tahun diperusahaan yg sama.bagaimana untuk pengajuan e klaimnya Karena no jamsostek nya berbeda-beda apakah bisa di input disatu e klaim atau beberapa e klaim.mksih

    ReplyDelete
  61. Mba saya habis kontrak .. Terus di alasan klaimnya apa ya ? Di saranin dr petugas bpjs pilih "pensiun dini" tpi kenyataannya ga ada .. Jdi gimana ya mba ??? Gagal di situ

    ReplyDelete
  62. Mba saya habis kontrak .. Terus di alasan klaimnya apa ya ? Di saranin dr petugas bpjs pilih "pensiun dini" tpi kenyataannya ga ada .. Jdi gimana ya mba ??? Gagal di situ

    ReplyDelete
  63. Mba mau tanya kalo lebih dari 7hri dari waktu yang d tentukan apakah masih bisa dicairkan bpjs tk

    ReplyDelete
  64. Mba mau tanya kalo lebih dari 7hri dari waktu yang d tentukan apakah masih bisa dicairkan bpjs tk

    ReplyDelete
  65. Halo mba, sy mau tnya... Pin yg didapat dr sms dan email bisa kita pakai jg utk login check saldo ga ya di web bpjsketenagakerjaan? Thx

    ReplyDelete
  66. Kak, mau nanya.. saya sudah submit tapi email notifikasinya tidak ada di email.. apakah saya harus menunggu atau saya sebaiknya telepon ya? terimakasih ya sebelumnya untuk jawabannya.. :)

    ReplyDelete
  67. oh iya kak ada yang kelupaan.. cabang diisi dengan cabang yang diinginkan atau sesuai dengan cabang terdaftar? makasih

    ReplyDelete
  68. saya, mau tanya mas saya kan berhnti kerja bln novmber 2015 kemaren, apa saya harus menyertakan surat dari depnaker untuk claim? dan kalau misalkan diharuskan apa bisa saya minta surat di depnaker terdekat?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silahkan submit paklaring/surat keterangan kerja dari perusahaan anda yang lama saja :)

      Delete
  69. Saya sudah isi datanya tapi pas saya klik proses yang muncul malah silahkan hubungi kantor cabang bpjs ketanagakerjaan,Kira2 penyebab nya apa ya?? Thx

    ReplyDelete
  70. Gan sekedar sering aq kn pnya kartu jamsostek y 2 yg satu udsh dpt formulir eklaim y tp yg satu lgi yum dapat lw msalh pengajuan melslui eklaim ch udah trus udah dpt data anda berhasil drekam silahkn menunggu kirimn selnjut y dari bpjsketenagakerjaan tp hingga saat nie yum dpt2.......

    ReplyDelete
  71. Apkah eklaim juga lw bukn hari kerja tetap aja libur...

    ReplyDelete
    Replies
    1. kantornya tetap libur, dan akan diproses pada hari kerja, namun mas bisa submit pada hari libur.

      Delete
  72. Cara minta nomer pin konfirmasi ke handphone sama ke email nya gmna ya gan

    ReplyDelete
  73. kalau rekening ga ada, bisa atau tidak ga lewat Bank pencairannya Gan .. ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf mas, saya kurang tahu, namun setahu saya tidak bisa.

      Delete
  74. hai ka q mau nanya mau proses klaim tapi status masih aktif sedangkan pihak perusahaan sudah menyerahkan formulirnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai mas roni, mungkin dari bpjstk-nya masih dalam tahap proses, :)

      Delete
  75. kalo sudah log ke elektronik servis di bpjs, trus di kolom e klaimnya gak muncul pengajuan e-klaim,,?? itu gimana,,??

    ReplyDelete
  76. hallo ka ! mau nanya nih ,dari daftar sampai proses klaim alhamdulilah ga ada kendala,tapi pas dapet email dari bpjs tk,bahwa klaim saya tidak dapat diproses karena nama ibu kandung di system berbeda.itu gimana mengetahui sistem bpjs yang bilang nama ibu kandung saya berbeda ..makasih ka

    ReplyDelete
    Replies
    1. di sistem bpjs, data nama ibu kandung disubmit dari data HR kantor lama kamu.. coba kamu konfirmasi ke kantor lama kamu ya :) maaf slow respon

      Delete
  77. Untuk kantor cabang pembantu di tempat Saya tidak ada tertera di pilihan cabang e klaim,,jadi harus bagai Mana,,mohon infonya,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai mas Indra, lebih baik langsung ke cabang utama saja, coba dicari yang paling dekat dengan mas Indra. mungkin kalau cabang pembantu belum punya sistem yang memadai untuk melakukan pelayanan bpjsnya mas.

      Delete
  78. hi mas yang punya blog saya mau tanya ..
    saya 2tahun kerja di pt A lalu habis kontrak dan kerja d pt B dengan kontrak 1 tahun ,cuman sebulan lalu saya kabur tanpa keterangan apapun terhitung saya kerja di pt b hanya 1bln.. nah bagaimana cara saya untuk bs eklaim bpjs tersebut sedangkan saya cuman punya paklaring dr pt A aja ..mohon pencerahannya .. terimakasih ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. sudah di cek di aplikasi handphone bpjs? jika pt. b tidak tercantum di aplikasi saldo jht anda, maka tidak apa pakai parklaring dari perush A saja

      Delete
  79. Maaf mas mau nanya, saya udah dapat balasan eklaim tinggal datang dan diserah kan paling lambat 7 hari kerja sejak di trimanya pemberitauan. Yang saya mau tanyakan apakah masih bisa klo saya datang lebih dari waktu yang di tentukan, lebih dari 7 hari kerja.
    Trima kasih

    ReplyDelete
  80. kenpa pormat F5 yang sudah dikirim ke email saya gak bisa di donwload dengan alasan paild

    ReplyDelete
  81. bagaimana jika bpjs tenaga kerja saya tidak mau login?
    pas saya sudah memasukan kode verisifikasi yang dikirim bpjs ke email saya setelah itu saya masukan no verisifikasi untk login ke bpjs tapi kererangannya kok sukses 02 tetapi tidak mau masuk juga ke akun bpjs saya,,,, mohon infonya dong

    ReplyDelete
  82. Mba karin.. mksiih ya atas petunjuknya.. Alhamdulillah sy udh ajuin via eklaim tgl 17 jan dan tgl 18 siang udh dpt email klo pengajuan sy memenuhi syarat dan tgl 19nya sy lgsung dtg k menara jamsos di gatsu. ALHAMDULILLAH lgsung proses & tinggal nunggu pencairan..
    Tapiiii pas sy isi F5 ada data permohonan gtu yg isinya qt ajuin permohonan buat BPJS pribadi dg biaya 3bln 110rbuan dg JKK, JKM & JHT klo tanpa JHT cuma 50rbuan dan dipotong lgsung pake JHT yg qt cairin ini.. setelah 3bln blh lanjut dg iuran bulanan hanya 36ribuan. Karena sy td terburu2 jd sy ga tanya lbh detail.. klo BPJS pribadi yg sy ajuin ini bs dicairin kapan aja atau nunggu resign jg stelah sy bkerja nanti..? Mba karin pencairan di Mayapada dpt ga BPJS pribadi?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo bunda, kalo bpjs pribadi kebetulan saya belum ada info mengenai hal tersebut dan saya tidak punya bpjs pribadi karena saya sudah bekerja lagi di perusahaan lain. Trims bunda

      Delete
  83. The server is temporarily unable to service your request due to maintenance downtime or capacity problems. Please try again later. kenapa ya ini selalu kaya gini pas upload data. data juga gk ngelebihin 1,8mb malah 300kb. di bls emailnya data belum terupload. aduh aduh minta tolong kak ini gimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo karen, apa kamu uploadnya diluar jam kerja/hari libur? karena saya pernah kendala tersebut kalau uploadnya diluar jam kerja/hari libur. enggak tahu kenapa, mungkin servernya dimattin juga kali ya. hehehe. tapi kalo masih ga bisa juga, kontak saja CS BPJSTKnya. :D

      Delete
  84. mbak data yang saya upload nggk bisa di kirim soalnya melebihi kapasitas yang di trntukan katanya..

    ReplyDelete
  85. hai mbak, mohon maaf mengganggu. saya mau tanya, kalo mau eklaim itu harus 1 bulan setelah status kartu non aktif ya ? kebetulan status kartu saya masih aktif padahal saya sudah berhenti kerja dari dua bulan yang lalu, iuran nya pun sudah tidak dibayarkan lagi oleh perusahaan tempat saya bekerja.

    ReplyDelete
  86. kalo buat yg habis kontrak pengajuan claimnya apa ya ? lalu, form F5 itu download dmna ?

    ReplyDelete
  87. Mbak mau tanya dong, saya sudah proses eklaim, tetapi server nya yg muncul eror, apa data saya sdh masuk, soalnya ada email kalau data berhasil di rekam dan harus menunggu email selanjutnya maksimal 2 hari, padahal ketika mau di simpan server nya eror? Mohon bantuannya

    ReplyDelete
  88. Mau tanya kemarin saya eklaim bpjs tk dan ini balasannya..
    Krn menurut saya tdk ada data yg salah..


    Belum memenuhi persyaratan, karena MOHON MAAF SILAHKAN MELAKUKAN UPDATE DATA TERLABIH DAHULU KARNA DATA ANDA TIDAK VALID, DG MEMBAWA SURAT KOREKSI DR PT PERIHAL DATA TDK VALID (TTL, NIK, IBU KANDUNG, ALAMAT), SETALAH MELAKUKAN UPDTE DATA SILAHKAN MENGAJUKAN EKLAIM KMBLI. TERIMAKASIH

    ReplyDelete
  89. maaf ong, saya mau tanya saya ada kesulitan saat pengisian nama pemilik rekening disitu suka ada tulisan klo nama pemilik rekening berbeda dengan nama pemohon, padahal jelas2 itu nama saya, iyu kira2 knp ya , tolong solusinya dong, terima kasih

    ReplyDelete
  90. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  91. Hallo mb karin
    Saya sudah dikonfirmasi oleh bpjs klo persyaratan saya di setujuin. Tapi pas mau download link F5 koq gagal ya mb?katanya filenua corrupt damage gitu, itu kenapa ua mb?
    Klo gak bisa download apa bisa tetap klaim mb? Terimakasih

    ReplyDelete
  92. e klaim bpjs memang harus paham betul biar gampang, nice post gan. thank you :)

    ReplyDelete